Info KG

Mendukung Upaya Edukasi Wisatawan di Kawasan Konservasi, Kompas Gramedia Menerima Kunjungan dari Balai Taman Nasional Komodo

DEVIN AIRLANGGA

Corporate Branding Analyst - Dipublikasikan

Jakarta, 28 Juni 2022 - Dalam rangka mendukung upaya berbagai pihak demi menjaga kelestarian Taman Nasional Komodo, Kompas Gramedia menerima kunjungan dari Tim Komunikasi dan Riset Balai Taman Nasional Komodo di Bentara Budaya Jakarta. Terletak di Busur Banda, Nusa Tenggara Timur, Taman Nasional Komodo berdampingan dengan tiga pulau besar dan 147 pulau kecil di sekitarnya. Dikelilingi oleh perairan laut dengan jumlah 253 spesies terumbu karang, lebih dari 1.000 spesies ikan, dan tentunya rumah bagi komodo, salah satu satwa liar yang terselamatkan dari kepunahan kelompok dinosaurus lainnya. 

Turut menerima kunjungan ini GM Communication Management Kompas Gramedia Saiful Bahri, Managing Editor Kontan Titis Nurdiana, Redaktur Pelaksana NOVA Made Mardiani Kardha, Account Manager KG Radio Network Embun Hendrodjati, Editor Travel Kompas.com Nabila Tashandra, Lead Editor Adjar.id (Children Media Gridnetwork) Rahwiku T. Mahanani, Reporter National Geographic Indonesia Utomo Priyambodo, dan Account Executive Kompas.com Teresia Arum.

Sementara itu, delegasi Balai Taman Nasional Komodo dipimpin oleh Kepala Balai Taman Nasional Komodo  Lukita Awang yang hadir secara daring, Ketua Tim Ahli Kajian Daya Dukung Daya Tampung Berbasis Jasa Ekosistem Pulau Komodo, Pulau Padar, dan Kawasan Perairan di Sekitarnya Dr. Irman Firmansyah, Koordinator Pelaksana Program Konservasi di Taman Nasional Komodo Carolina Noge, Tim Pelaksana Program Konservasi di Taman Nasional Komodo Abner Ataupah, beserta jajaran pengurus lainnya.

corpcomm kg adzanul aziz 2 resize

Tahun ini “The Ancient Islands of Dragons” merupakan kampanye dari Balai Taman Nasional Komodo yang bertujuan untuk mengajak wisatawan secara kolektif beralih melakukan kegiatan wisata dengan penuh kesadaran akan dampak aktivitasnya kepada Taman Nasional Komodo yang bukan hanya destinasi wisata, namun juga kawasan konservasi.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Balai Taman Nasional Komodo Lukita Awang, “Bapak/Ibu terima kasih atas kesempatan yang luar biasa ini, kami diberi waktu untuk bisa berbincang-bincang dengan Kompas Gramedia terkait kampanye kami ini. Semoga akan ada kesepakatan yang baik ke depan, sehingga program ini bisa terealisasi dengan baik untuk memberikan kesadaran kepada wisatawan terkait dampak aktivitas wisata di Pulau Komodo.”

Kompas Gramedia mendukung upaya pelestarian Kawasan Konservasi Pulau Komodo dengan merespons baik kunjungan ini. Sebagai perusahaan yang fokus untuk mencerahkan masyarakat, Kompas Gramedia mengajak seluruh perwakilan dari KG Media untuk datang dan mendengarkan presentasi terkait program konservasi ini. Harapannya masing-masing media bisa melakukan penjajakan kerja sama dalam program ini. Salah satunya adalah respons dari Lead Editor adjar.id Rahwiku T. Mahanani yang mengatakan bahwa edukasi kepada anak mengenai komodo adalah investasi masa depan untuk kelestarian satwa komodo.

corpcomm kg ajidana iman 9 resize

“Mungkin kita juga perlu memikirkan bahwa anak-anak sebenarnya masih sangat perlu untuk dikenalkan dengan komodo. Sejauh ini mungkin mereka paling dekat dengan kucing yang memang ada di sekitar kita, namun bagaimana dengan komodo? Kita perlu sampaikan bahwa komodo ini satu-satunya loh di dunia dan ada di Indonesia. Lalu apa pentingnya jika hanya satu-satunya? Nah, ini anak-anak perlu diedukasi,” ujar Rahwiku.

Harapannya ke depan akan ada kolaborasi yang baik antara Kompas Gramedia dan Balai Taman Nasional Komodo dalam upaya pelestarian kawasan konservasi Pulau Komodo yang masuk sebagai World Heritage Site yang juga menjadi salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia.

 

Penulis: Devin Airlangga/Corp. Communications KG