Insight Kognisi

>

Trivial

Trivial

Berani Disrupsi Dirimu Sekarang? Ikuti Beasiswa Kursus Online!

ERVAN AVRIANTO

HR Expertise Specialist - Dipublikasikan

mykg 04 min

Halo Sobat KG!

Berbagai literatur menunjukkan bahwa perusahaan yang bisa bertahan lama adalah perusahaan yang menjunjung tinggi proses pengembangan karyawannya. Kesadaran untuk mengembangkan diri ini tentu tidak serta-merta harus selalu muncul dari pihak organisasi, tetapi alangkah baiknya jika memang timbul dari kesadaran karyawannya sendiri. Banyak hal yang menjadi tantangan dalam proses belajar, misalnya kurangnya akses materi pembelajaran yang relevan dengan pekerjaan serta tidak adanya pos alokasi anggaran edukasi yang memadai.

Melihat tantangan tersebut, Corporate Human Resources terus berupaya mendorong budaya belajar antara lain dengan membangun platform pembelajaran KOGNISI (Kompas Gramedia Learning and Insights) dengan tujuan mendemokratisasi akses belajar, khususnya bagi karyawan KG. Sejak inisiatif ini berdiri pada pertengahan 2019, hingga saat ini Kognisi terus menyediakan berbagai macam topik yang bisa karyawan KG pelajari secara gratis. Kelas pembelajaran virtual di masa pandemi seperti sekarang ini juga tetap berjalan untuk memberikan pengalaman belajar yang optimal.

Setelah penetapan kebijakan ‘Bekerja dari Rumah’ dan PSBB mulai diterapkan di DKI Jakarta, selama 20 Maret-31 Mei 2020 (dibandingkan periode Q4 2019) telah dilaksanakan 31 kelas (naik 47.62%) dengan keterlibatan karyawan 1,285 karyawan (naik 92,7%). Rata-rata kehadiran kelas menjadi 46 orang (naik 39.15%). Secara lokasi geografis, kepesertaan dari karyawan KG juga semakin bervariatif mulai dari Bangka hingga Jayapura. Melihat antusiasme yang luar biasa ini, tim Kognisi percaya bahwa minat belajar karyawan KG cukup tinggi. Tapi, apakah itu cukup?

Kami merasa itu tidak cukup! Kami perlu melakukan lebih dari itu. Kami percaya bahwa penting bagi setiap karyawan KG untuk memiliki akses belajar yang sama untuk mengembangkan diri. Keyakinan untuk mendemokratisasi proses belajar dan apresiasi terhadap antusiasme itulah yang mendasari program “Beasiswa Kursus Online” Batch 1/2020 ini yang memberi kesempatan karyawan KG untuk memilih penyelenggara kursus antara Udemy dan Coursera. 

Program ini juga Kognisi lakukan sebagai usaha menanamkan sekaligus akselerasi budaya belajar eksponensial melalui platform digital. Pembelajar eksponensial adalah individu yang berminat mempelajari ilmu, baik yang relevan dengan pekerjaan saat ini dan selaras dengan pertumbuhan organisasi, maupun sebagai modal pengembangan profesional di masa mendatang. Proses learn - unlearn - relearn ilmu secara kolaboratif juga menjadi bagian dari pembelajar eksponensial. Tujuan utama ke depan adalah untuk mendisrupsi diri sendiri sebelum mereka ter-disrupsi oleh orang lain.

Bagaimana cara mengikuti program ini? Apa saja persyaratannya? Yuk, kunjungi situs Kognisi atau klik tautan ini. Bila sobat KG masih memiliki pertanyaan, silakan kirim surel ke kguniversity@growthcenter.id.

Sampai jumpa di Kognisi, Sobat KG!