Ini 5 Manfaat Positif Berbagi Pengetahuan Lewat Video!

Published by CorComm

Semenjak pandemi, berbagi pengetahuan lewat berbagai media, khususnya video, menjadi tren yang tidak terelakkan.

Berbagi pengetahuan bukan lagi sebatas ‘penambah’ nilai, melainkan lebih sebagai ‘hal yang wajib dilakukan kalau kamu nggak mau tertinggal dengan yang lain’.

Memangnya, apa saja sih manfaatnya berbagi pengetahuan lewat video buat diri sendiri?

1. Personal Branding

Lewat berbagi pengetahuan, kamu pasti akan lebih dikenal oleh rekan kerjamu sebagai ‘ahli’ dalam bidang yang kamu ajarkan. Selain itu, kamu juga bisa menambah koneksi dan teman diskusi di tempat kerja dari berbagai lapisan di perusahaan.

2. Problem Solving

Ketika membagikan pengetahuan kepada publik, kamu juga melatih kemampuan penyelesaian masalah yang kamu temukan dalam sesi pendalaman materi sekaligus diskusi tanya jawab dengan orang yang mempelajari materimu.

3. Pengambilan Keputusan

Saat kamu berhasil meningkatkan kemampuan problem solving, pengambilan keputusanmu terkait dengan materi atau pengetahuan yang kamu kuasai akan lebih cepat dan matang.

4. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dengan Klien

Secara tidak langsung, berbagi pengetahuan lewat video akan melatih kemampuanmu berkomunikasi sesuai urutan logika yang baik dan benar. Dengan begitu, kamu pun akan lebih percaya diri mempresentasikan ide dan hasil kerjamu kepada klien.

5. Menstimulasi Inovasi dan Perkembangan Diri

Dalam membuat materi, kamu pasti melakukan riset mendalam terlebih dahulu untuk memperkaya materi yang disampaikan. Dalam proses riset, kamu pasti akan mendapatkan ide atau informasi baru yang bisa dimanfaatkan sebagai modal inovasi baru ke depannya!

Ingin merasakan sendiri manfaatnya berbagi pengetahuan melalui video? Pas banget Kognisi sedang mengadakan program Enlighten Your Team yang memberi kesempatan Sobat Kogi untuk memenangkan total hadiah jutaan rupiah dengan mengunggah video ke Kognisi!

Penasaran bagaimana cara ikutnya? Kamu bisa klik di sini.

Ingin tahu caranya membuat video pembelajaran sendiri? Kamu bisa klik di sini.

Kognisi tunggu video kamu ya, Sobat Kogi!

Content Writer

MUHAMMAD IRHAM RAMADHAN

HR Expertise Analyst

KOMPAS GRAMEDIA - CORPORATE HUMAN RESOURCES