Wellbeing Articles

Counseling

COUNSELING

Jangan Anggap Sepele Pentingnya Minum Air Putih!

Salah satu aturan yang paling dasar dalam menjaga kesehatan tubuh adalah dengan minum air putih secukupnya. Sekitar 60% dari tubuh manusia terdiri dari air, sehingga kekurangan air dapat berpengaruh besar bagi kesehatan fisik maupun mental seseorang. Cukup banyak orang yang tidak terbiasa sering minum air putih saat melakukan kegiatan di rumah karena banyak pilihan minuman berasa seperti teh, kopi, atau minuman manis lainnya yang lebih enak untuk dikonsumsi. Padahal, tambahan gula dalam minuman manis tersebut berpotensi meningkatkan risiko seseorang terkena Diabetes. 

Di sisi lain, banyak penelitian dan pihak-pihak yang berhubungan dengan kesehatan merekomendasikan seseorang untuk mengonsumsi minimal 7-8 gelas air putih setiap harinya. Jumlah kebutuhan seseorang akan air putih juga akan meningkat ketika orang tersebut melakukan aktivitas fisik atau saat cuaca panas. Kurangnya minum air putih atau cairan lain dapat menyebabkan seseorang mengalami dehidrasi, yaitu kondisi tubuh kehilangan lebih banyak cairan dibandingkan jumlah cairan yang masuk ke tubuh. 

Apabila seseorang mengalami dehidrasi, orang tersebut akan merasa sangat kehausan, mulut terasa kering, sakit kepala parah, jantung berdebar lebih cepat, pernapasan tidak beraturan, hingga mudah pingsan. Selain dehidrasi, kurang minum air putih juga menyebabkan beberapa gangguan kesehatan seperti tekanan darah menurun, kram otot, sembelit, penyakit batu ginjal, kulit kering, metabolisme lebih lambat, susah berpikir, mual, hingga berujung kepada stroke

Memenuhi kebutuhan air dalam tubuh memang tidak selalu jadi jaminan bahwa diri kita akan selalu sehat, tetapi minum air putih penting untuk kesejahteraan dan kesehatan dalam jangka panjang. Berikut beberapa manfaat minum air putih untuk tubuh kita:

  • Mencegah berbagai penyakit seperti dehidrasi
  • Menjaga kesehatan kulit
  • Menjaga tubuh tetap tenang
  • Menjaga fungsi otak dan suasana hati
  • Membantu meningkatkan performa fisik 

 

Pada umumnya, dehidrasi yang diakibatkan oleh kurang minum air putih dapat segera teratasi apabila orang tersebut segera mengganti cairan tubuh yang hilang. Contohnya pada penderita dehidrasi ringan, pengidap dapat minum oralit untuk mengembalikan keseimbangan kadar gula, garam, dan cairan dalam tubuh. Namun, bagi pengidap yang demam berkelanjutan, diare lebih dari 2 hari, nyeri pada dada atau perut, hingga pingsan, sangat disarankan untuk langsung melakukan konsultasi dengan dokter agar tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya.  

Bagi Karyawan Kompas Gramedia yang mengalami gangguan kesehatan, masih bisa melakukan konsultasi dengan dokter umum maupun dokter spesialis secara online melalui aplikasi Lifepack! Tidak hanya konsultasi dengan dokter, karyawan Kompas Gramedia di seluruh Indonesia juga dapat langsung menebus obat ke lokasi yang diinginkan tanpa memikirkan biaya ongkos kirim hingga akhir tahun 2020.

Selain itu, karyawan Kompas Gramedia yang memiliki pagu kesehatan juga akan mendapatkan penggantian langsung 100% (selama periode tertentu) sehingga memudahkan karyawan saat bertransaksi setelah berkonsultasi dengan dokter spesialis atau menebus obat di Lifepack. Apabila terdapat pertanyaan mengenai kerja sama antara Lifepack dengan Kompas Gramedia, silakan langsung menghubungi CS Lifepack di 0813-8833-2939 ya! Jika kamu ingin tahu info lengkap mengenai manfaat integrasi antara Lifepack dengan MyKG, kamu bisa langsung baca info lengkapnya di sini. Jadi, tunggu apa lagi? Segera lakukan registrasi di Lifepack melalui tautan https://mykg.id/medical-center/lifepack-registration dan manfaatkan keuntungan dari Lifepack untuk karyawan Kompas Gramedia sekarang juga!