Info Unit

Info Unit News

FLASH NEWS

Kebun Raya Bogor dan Kebun Raya Cibodas Dibuka Kembali dengan Menerapkan Protokol Pencegahan Covid-19

Dua dari empat Kebun Raya di bawah pengelolaan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) berkolaborasi dengan PT Mitra Natura Raya, salah satu anak perusahaan PT Dyandra Media International, telah dibuka kembali untuk kunjungan umum mulai Selasa, 7 Juli 2020. Kebun Raya Bogor dan Kebun Raya Cibodas dibuka sebagai tahap awal. Pembukaan kembali ini merujuk pada Surat Keputusan Kepala LIPI Nomor 155/F/2020 tentang Pembukaan Kembali Layanan Kebun Raya di Lingkungan LIPI. Dua Kebun Raya ini dibuka dengan menerapkan sejumlah protokol kesehatan bagi pengunjung.

whatsapp image 2020 07 08 at 16 54 52

Sarana dan prasarana dipersiapkan secara matang sebelum pembukaan, sesuai protokol pencegahan penularan Covid-19 yang ditetapkan oleh otoritas kesehatan dengan koordinasi intensif bersama pemerintah daerah setempat. “Kami harapkan pengunjung dapat menyesuaikan dengan protokol ini untuk bersama-sama menciptakan lingkungan Kebun Raya yang aman, nyaman, juga ramah lingkungan di semua aspek,” terang Kepala LIPI Laksana Tri Handoko. Menurutnya, pembukaan ini menjadi momentum Kebun Raya sebagai salah satu platform riset LIPI yang juga difungsikan sebagai wahana eduwisata dengan standar layanan yang lebih baik sesuai dengan protokol kesehatan.

whatsapp image 2020 07 08 at 16 51 27

Kepala Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya LIPI R. Hendrian menjelaskan bahwa calon pengunjung harus memastikan dirinya sehat sebelum berkunjung ke Kebun Raya. Pengunjung wajib memakai masker dan selalu menjaga jarak aman. “Kami telah menyediakan fasilitas cuci tangan dengan touchless sanitizer di beberapa titik area, namun kami sarankan pengunjung untuk selalu membawa hand sanitizer sendiri,” ujar Hendrian.

whatsapp image 2020 07 08 at 16 51 25

Pembelian tiket masuk Kebun Raya pun hanya dilayani secara online melalui www.kebunraya.id yang langsung terintegrasi dengan ponsel pintar untuk mengurangi kontak fisik. “Selama masa transisi ini kunjungan bersifat terbatas hanya untuk pembelian tiket secara online dan pemilik kartu member Kebun Raya,” terang Hendrian. Transaksi nontunai juga diberlakukan di gerai souvenir serta makanan.

Fasilitas publik seperti toilet, kursi taman, dan mobil wisata disemprot disinfektan sesering mungkin. Kapasitas mobil wisata dibatasi dan dibersihkan dengan disinfektan setiap selesai satu putaran. Informasi tentang protokol kunjungan di kawasan Kebun Raya dipampang di titik-titik strategis serta diinformasikan secara berkala kepada pengunjung. Pembukaan seluruh Kebun Raya yang dikelola LIPI, meliputi Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibodas, Kebun Raya Purwodadi, dan Kebun Raya Bali, akan dilakukan secara bertahap untuk memastikan semua protokol telah direncanakan dan dapat dijalankan dengan baik untuk mencegah penularan Covid-19. (*)

whatsapp image 2020 07 08 at 16 51 26