Menjadi Pembelajar Eksponensial Melalui Beasiswa Kursus Online Kognisi

Published by CorComm

Halo, Sobat Kogi! 

Pengembangan diri adalah komponen terpenting untuk mencapai suatu kehidupan yang luar biasa dengan memaksimalkan segala potensi yang ada di dalam diri kita. Dalam lingkungan kerja, pengembangan diri atau yang biasa kita kenal sebagai personal development menjadi hal penting yang disoroti oleh setiap individu sebagai parameter dan bekal untuk mencapai sebuah kesuksesan. Sebagai upaya mendukung usaha pengembangan diri karyawan KG, khususnya dalam mendemokratisasi akses belajar, KOGNISI (Kompas Gramedia Learning and Insights) menghadirkan  program “Beasiswa Kursus Online”. Ini adalah program pembelajaran di mana karyawan KG dapat mengakses dan memilih course dari penyelenggara kursus antara Udemy dan Coursera atau platform lainnya dengan harapan program ini semakin mampu menanamkan dan menggerakkan budaya belajar secara eksponensial melalui platform digital

Program “Beasiswa Kursus Online” batch 1/2020 sudah berjalan pada bulan Juli 2020 dengan diikuti oleh 4 karyawan KG. Melalui seleksi komitmen dan juga motivasi karyawan, KOGNISI memberikan kesempatan kepada 3 learning enthusiast pada batch pertama ini. 

“Sebagai seorang yang berada di bagian Strategy Management Group of KG Media, saya merasa perlu mendapatkan benchmark pengembangan strategi serta mendapatkan update dari para ahli. Saya melihat program beasiswa KOGNISI sebagai kesempatan yang tidak boleh dilewatkan oleh karyawan KG karena materi yang disediakan melalui kursus online ini berkualitas. Melalui program ini, saya dapat mengambil kursus dari University of IIlinois dan berdiskusi dengan rekan-rekan kursus dari mancanegara,” ujar Strategy Management Specialist KG Media Yvana Sal Sabila yang berkesempatan untuk mengambil Course “Corporate Strategy” melalui Coursera. Mempelajari ruang lingkup perusahaan, transaksi perusahaan, strategi dan cakupan global, serta mekanisme tata kelola perusahaan yang mampu memberikan perspektif baru mengenai dunia strategi perusahaan, membuat Yvana juga turut menyebarluaskan ilmu yang ia dapatkan dalam “knowledge sharing” video KOGNISI “Corporate Strategy” yang dapat kalian akses dan saksikan melalui tautan berikut https://learning.kompasgramedia.com/#/detail_list_video/1131 .

Tidak mau ketinggalan, peraih beasiswa lain, Elisa Audina Nanda Safitri dari Rekata Studio juga turut menggunakan kesempatan ini dengan memilih course “The Strategy of Content Marketing” dari Coursera dan menyampaikan insight yang Ia dapatkan seputar fungsi penulisan konten terhadap proses pemasaran, cara membuat konten yang efektif, etika penulisan konten, hingga tren dan tip membuat konten yang menggugah psikologis audiens dalam video “knowledge sharing” KOGNISI. Insight yang menarik bukan, Sobat Kogi? Video pembelajaran ini bisa kalian akses langsung dengan klik tautan berikut https://learning.kompasgramedia.com/#/detail_list_video/1123 ya, Sobat Kogi. “KOGNISI ngasih aku kesempatan untuk explore lebih jauh lagi tentang ilmu pengetahuan yang bisa aku gunakan untuk pekerjaanku ke depannya. Banyak hal yang bisa diaplikasikan untuk menunjang program kerja yang aku lakuin di kantor! Aku harap semua karyawan KG bisa mendapatkan kesempatan berharga melalui beasiswa ini, untuk memperluas budaya belajar masing-masing karyawan juga,” ujar wanita yang kerap disapa Echa ini. 

Satu lagi peserta beasiswa kursus online dari KG Media, Adita Nanda Suryadi yang merupakan seorang Producer Kompas.id juga menyampaikan apresiasinya, “Semoga saja program beasiswa dari KOGNISI ini bisa terus berlanjut, karena ilmunya sangat melimpah dan yang pasti, ilmu ini bisa digunakan untuk bikin Kompas tambah maju.” Ia mengambil course “Write a Pilot Script for a TV or Web Series” pada Coursera yang selaras dengan dunia kerja yang ia tekuni saat ini dengan harapan pembekalan materi ini bisa mendukungnya dalam memajukan Kompas Gramedia. 

Melalui program “Beasiswa Kursus Online” ini, KOGNISI berharap untuk terus bisa menjadi wadah bagi para karyawan KG dalam mengembangkan diri melalui proses belajar. Tidak hanya menjadi pembelajar mandiri, namun juga menjadi pembelajar eksponensial yang mempelajari ilmu, baik relevan dengan pekerjaan saat ini dan selaras dengan pertumbuhan organisasi, maupun sebagai modal pengembangan profesional di masa mendatang. Proses learn - unlearn - relearn ilmu secara kolaboratif yang menjadi bagian dari pembelajar eksponensial diharapkan mampu menumbuhkan perspektif “mendisrupsi diri sendiri sebelum ter-disrupsi oleh orang lain”.

Menarik banget kan, Sobat Kogi? 

Untuk informasi lebih lanjut seputar “Beasiswa Kursus Online” silakan langsung menghubungi kguniversity@growthcenter.id dan jangan sampai ketinggalan batch selanjutnya ya! (*)

Content Writer

ERVAN AVRIANTO

HR Expertise Specialist

KOMPAS GRAMEDIA - CORPORATE HUMAN RESOURCES