Employee Assistance Program: Kompas Gramedia Peduli Padamu

Created By

Tak terasa setahun sudah wabah Covid-19 mengakibatkan hampir seluruh aspek kehidupan terhambat. Dalam kondisi yang serba tidak pasti ini, tak jarang muncul perasaan bingung, cemas, atau rasa takut yang akhirnya dapat memengaruhi kualitas kesejahteraan (wellbeing) masyarakat. Ketidakpastian juga dialami para pencari nafkah atau tulang punggung keluarga, baik mereka yang terpaksa bekerja dari rumah (WFH) maupun yang tetap bekerja di luar rumah. 

Melansir Kompas.com, riset Center of Human Capital Development (CHCD) PPM Manajemen, lembaga pendidikan manajemen, terhadap 2.500 pekerja Indonesia di tahun lalu menunjukkan bahwa 80 persen responden mengalami gejala stres karena khawatir akan kesehatannya selama masa pandemi Covid-19. Sementara survei terhadap 1.168 karyawan Kompas Gramedia di awal Februari 2021 ini menunjukkan bahwa 36,6 persen di antaranya menyatakan mereka mudah mengalami stres dan tertekan selama pandemi. 

Namun, di tengah kekalutan ini tentu akan selalu ada harapan dan titik terang yang menanti untuk digapai, asalkan, kita mau bersama-sama berjuang untuk meraihnya. Untuk itu, penting bagi kita untuk mulai memperhatikan kesehatan dan kesejahteraan diri masing-masing demi memperoleh kualitas hidup yang lebih baik meski dalam situasi yang menyulitkan. 

Memelihara kesejahteraan fisik maupun mental di tengah pandemi sembari berjuang memenuhi kebutuhan hidup bukanlah hal mudah, bahkan dalam keadaan normal sekalipun. Di sinilah peran perusahaan untuk mengayomi kesejahteraan karyawan akan semakin dibutuhkan. Oleh karena itu, Kompas Gramedia mengerti dan berupaya untuk terus hadir bagi Anda, para karyawannya, terutama pada masa-masa sulit seperti saat ini. Kesejahteraan karyawan terus menjadi fokus utama bagi Kompas Gramedia.

Guna memelihara kesejahteraan karyawan, Kompas Gramedia memberikan solusi berupa Employee Assistance Program (EAP), sebuah program pendampingan bagi karyawan yang terdiri atas berbagai inisiatif untuk menjaga dan meningkatkan aspek kesejahteraan (wellbeing) baik dari sisi fisik, mental, maupun finansial. Dengan mengintegrasikan berbagai sarana peningkatan well-being yang ada, Kompas Gramedia menyediakan fasilitas konseling terkait tiga aspek kesejahteraan tersebut dengan para ahli di bidangnya. 

Menyangkut kesejahteraan fisik, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter dan praktisi kesehatan lainnya. Dalam aspek kesehatan mental, para psikolog profesional akan selalu hadir membantu Anda. Kemudian, saat Anda memiliki masalah finansial, Anda dapat selalu berkonsultasi dengan praktisi keuangan berpengalaman. Demi kemudahan dan kenyamanan seluruh karyawan, fasilitas konseling ini dapat diakses secara daring melalui laman EAP di MyKG dengan memilih fitur Wellbeing Assistance.

Tak hanya fasilitas konseling yang disediakan, tetapi Kompas Gramedia melalui Employee Assistance Program juga akan menghadirkan berbagai narasumber ahli dalam kegiatan webinar, workshop, hingga kegiatan komunitas menarik lainnya. Seluruh aktivitas tersebut dihadirkan dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan Anda sebagai bagian dari keluarga besar Kompas Gramedia. Untuk mengetahui jadwal terbaru dari kegiatan tersebut, Anda dapat mengaksesnya melalui fitur Wellbeing Event pada laman EAP di MyKG.

Selanjutnya, Anda juga bisa mengakses berbagai artikel terkait kesejahteraan fisik, mental, dan finansial pada fitur Wellbeing Article di laman yang sama sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Semua fasilitas yang disediakan dalam Employee Assistance Program ini dapat diakses kapanpun dan di manapun oleh seluruh karyawan Kompas Gramedia melalui MyKG. 

Sahabat KG, Kompas Gramedia bertekad untuk selalu berusaha menghadirkan yang terbaik bagi setiap anggotanya. Oleh karena itu, kesehatan dan kesejahteraan Anda menjadi hal nomor satu bagi perusahaan. Partisipasi Anda dalam setiap kegiatan dan fasilitas Employee Assistance Program akan sangat dinantikan. Sebab, program ini adalah dari kita, untuk kita. Mari saling rangkul dan berjuang melewati masa sulit ini bersama-sama. 

Content Writer

FEBE KINAWA PANGGUA

HR Expertise Analyst

KOMPAS GRAMEDIA - CORPORATE HUMAN RESOURCES