Olahraga Yoga Jadi Pilihan Tepat Jaga Kebugaran Tubuh di Kala Puasa

Created By

Ketika sedang berpuasa, sangat tidak dianjurkan untuk melakukan olahraga yang memakan banyak waktu dan berat karena keadaan perut yang sedang kosong. Terlebih, menjadikan olahraga sebagai kewajiban saat puasa bukanlah hal yang baik. Namun, kita tetap boleh berolahraga ketika berpuasa dengan memperhatikan beberapa aspek tertentu seperti intensitas dari olahraga itu sendiri. Olahraga dengan intensitas rendah adalah pilihan terbaik untuk menjaga tubuh tetap bugar saat menjalani ibadah puasa, sa

Menjadi salah satu olahraga dengan intensitas rendah, yoga dapat menjadi pilihan yang paling pas untuk tetap bugar saat menjalani ibadah puasa.

Mengapa yoga? Berlatih yoga saat sedang berpuasa juga menjaga kondisi tubuh tetap segar, bugar, dan lebih tenang. Teknik pernapasan yang menjadi titik fokus pada latihan yoga bermanfaat untuk menambah suplai oksigen ke seluruh jaringan dan menyelaraskan produksi hormon. Secara praktis, puasa memungkinkan untuk mengistirahatkan beberapa fungsi pencernaan di dalam tubuh. Gerakan yoga yang lembut, peregangan otot, postur memuntir, serta metode-metode pernafasan banyak membantu dan mempercepat proses detoksifikasi yang juga merupakan salah satu manfaat dari berpuasa.

Gerakan yoga yang bermanfaat bagi tubuh saat puasa salah satunya adalah postur membuka dada seperti kobra. Pada postur ini, jantung akan memompa darah lebih banyak ke seluruh bagian tubuh. Perlu diperhatikan, postur membuka dada yang terlalu ekstrem akan menyebabkan pusing terutama kala berpuasa. Karena itu, disarankan menggunakan alat bantu seperti bantal atau blok ketika melakukan gerakan membuka dada dan beberapa gerakan lain pada yoga.

Manfaat Lain Latihan Yoga

yoga min

Olahraga yoga memiliki banyak manfaat untuk menjaga kebugaran tubuh hingga meredakan stres.

Ada beberapa manfaat lain ketika melakukan yoga saat bulan puasa. Pertama, berpuasa yang identik dengan melatih kesabaran akan semakin terbantu ketika melakukan yoga. Gerakan-gerakan yoga yang dinamis dan membutuhkan latihan pernapasan akan membuat perasaan menjadi lebih tenang. Karena itu, yoga sangat baik untuk melatih pengendalian diri terhadap emosi. Oleh karena itu, berlatih yoga sering dikaitkan dengan pencarian kedamaian karena membantu untuk mengendalikan emosi pada diri.

Kedua, yoga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur. Apalagi saat puasa, kualitas tidur haruslah terjaga dengan baik karena kewajiban untuk bangun lebih pagi agar dapat melakukan sahur. Dengan yoga yang berfungsi untuk membuat rileks tubuh, maka akan lebih mudah bagi tubuh untuk mengistirahatkan diri dan terbangun dengan keadaan yang segar dan bugar.

Ketiga, yoga membantu menurunkan berat badan. Tidak sedikit orang yang melakukan puasa untuk menurunkan berat badan. Hasil akan lebih maksimal bila ditambah dengan yoga yang juga mendetoksifikasi tubuh. Berlatih yoga selama beberapa saat mampu membakar kalori setara dengan berjalan kaki santai, lho!

Karena itu, kombinasikan puasa dan olahraga yoga untuk dapat memaksimalkan ibadah dan tubuh yang sehat dan bugar selama bulan Ramadan. Kira-kira bentuk latihan yoga seperti apa yang tepat dilakukan selama berpuasa sekaligus untuk relaksasi di tengah kesibukan pekerjaan? 

ayo yoga olahraga bersama agar tetap bugar di bulan puasa 02 1

Kelas yoga Kognisi persembahan EAP mendatang.

Kali ini, Employee Assistance Program (EAP) persembahan Kompas Gramedia telah menyiapkan kelas yoga khusus bagi seluruh Sobat KG, lho. Yuk, hadiri kelas yoga Kognisi persembahan EAP bertemakan Ayo Yoga! Olahraga Bersama agar Tetap Bugar di Bulan Puasa, yang diselenggarakan pada:

🗓️ Jumat, 30 April 2021

🕑 15.00 s.d. 16.30 WIB

📌 Zoom meeting

Daftarkan dirimu sekarang di tautan bit.ly/EAPyogaPorka
Ayo mulai terapkan hidup sehat dengan olahraga yoga di bulan Ramadan! Sampai jumpa di kelas yoga mendatang, ya, Sobat KG!

 

Penulis: Jihan Aulia Zahra

Peninjau: Brigitta Valencia Bellion

Referensi: Yogasynergy.comKompas.comHalodoc.id
Sumber Gambar: Pexels.com

Content Writer

FEBE KINAWA PANGGUA

HR Expertise Analyst

KOMPAS GRAMEDIA - CORPORATE HUMAN RESOURCES