Pojok Finansial Kompas Gramedia

Created By

Di tengah masa pandemi yang masih berlanjut hingga sekarang, kemunduran ekonomi dan industri dalam negeri tak terelakkan. Kondisi finansial individu pun terdampak karena banyak perusahaan menerapkan pemotongan gaji hingga pemutusan hubungan kerja demi mempertahankan bisnis. Kondisi finansial yang tak pasti ini tentu sangat berpengaruh pada kesejahteraan hidup seseorang. Di sisi lain, kondisi pandemi berdampak pada peningkatan kebutuhan. Alhasil, peran uang dalam kehidupan pun semakin bertambah. Tanpa dukungan finansial yang baik, seseorang tidak punya banyak pilihan untuk mempertahankan kesejahteraan hidupnya.

Kondisi finansial yang kurang baik dapat berdampak negatif kepada kondisi psikologis seseorang sehingga berpengaruh juga pada kualitas performanya sehari-hari. Banyak potensi alasan yang melatarbelakangi kegagalan pengelolaan finansial. Mulai dari kesalahan pengaturan keuangan yang tidak disadari, kurangnya tabungan atau investasi, hingga faktor eksternal yang menyebabkan terjadinya perubahan gaya hidup secara mendadak.

Seseorang disebut memiliki kondisi keuangan yang sehat apabila ada keseimbangan antara pengeluaran, pendapatan, utang, dan investasinya. Namun jika terjadi pembengkakan pengeluaran, bisa dipastikan kondisi keuangan seseorang tidak sehat, apalagi jika pengeluaran sampai melebihi pendapatan. Kondisi finansial juga bisa terancam jika tidak ada dana darurat atau investasi untuk menunjang kehidupan di masa mendatang atau saat kondisi krisis.

Untuk menjaga kondisi finansial tetap sehat di masa pandemi, kita bisa mulai dengan mengetahui kondisi finansial kita yang sesungguhnya. Selanjutnya, susun anggaran bulanan yang jelas, selalu siapkan dana darurat, dan susun prioritas kebutuhan agar tidak termakan gengsi semata. Kurangnya pengetahuan finansial dan cara efektif pengaturan finansial dapat mengakibatkan kegagalan finansial. Jika kita merasa kewalahan mengelola keuangan pribadi kita, salah satu solusi terbaik adalah mendapat bantuan dari tenaga ahli finansial.

Konsultasi keuangan tidak hanya dilakukan saat kita ingin memulai bisnis. Konsultasi keuangan wajar saja dilakukan untuk pengelolaan keuangan sehari-hari agar lebih efektif dan efisien. Dengan bantuan konsultan finansial profesional, kita dapat mengalokasikan pendapatan dengan baik sehingga mampu mencukupi kebutuhan sehari-hari, membayar utang yang mungkin dimiliki, dan mengalokasikan dana untuk investasi masa depan.

Karyawan KG tak perlu repot mencari konsultan finansial karena Kompas Gramedia sudah menyediakan fasilitas ini secara daring dan gratis bagi para karyawan. Pojok Finansial Online adalah fasilitas diskusi terkait finansial yang disediakan Kompas Gramedia untuk mendukung kesejahteraan hidup karyawan, utamanya di tengah masa pandemi ini. Karyawan KG dapat memanfaatkan fasilitas ini untuk berdiskusi terkait perencanaan keuangan, pengelolaan anggaran termasuk pengelolaan biaya hidup sehari-hari, serta pengelolaan utang dan investasi.

Untuk mengikuti sesi konsultasi di Pojok Finansial, Karyawan KG cukup mendaftar dengan mengisi Google Form di bawah ini. Setelah melengkapi formulir, akan ada pihak ketiga yang menghubungi karyawan untuk membuat janji konsultasi dan menjelaskan mekanisme pelaksanaan sesi konsultasi. Semua data yang diisikan di Google Form akan dijaga kerahasiaannya dan hanya digunakan untuk kepentingan sesi konsultasi saja. Mari menjaga kesehatan keuangan kita!

Content Writer

FEBE KINAWA PANGGUA

HR Expertise Analyst

KOMPAS GRAMEDIA - CORPORATE HUMAN RESOURCES