Siap Vaksin Covid-19? Yuk, Kenali Persyaratannya! #KGsiapvaksin

Created By

Hingga saat ini, pandemi Covid-19 dan kasus penularannya masih terus terjadi. Namun, kabar baik bagi kita semua bahwa program vaksinasi sudah mulai dilakukan di berbagai negara termasuk di Indonesia. Kini vaksin Covid-19 masih dalam proses distribusi ke seluruh penjuru Indonesia agar sebanyak mungkin masyarakat bisa mendapatkannya sehingga terbentuk kekebalan kelompok.

Penerima vaksin tahap awal adalah para nakes dan lansia, mereka yang tergolong lebih rentan tertular Covid-19. Jadwal vaksinasi untuk masyarakat umum masih belum dikeluarkan pemerintah. Sambil menunggu program vaksinasi digulirkan untuk masyarakat umum, ada baiknya kita mulai dulu dengan belajar lebih jauh tentang vaksin agar ketika saatnya vaksinasi tiba, kita sudah siap. Simak tuntas artikel ini ya!

Seberapa Penting Vaksin Covid-19?

Seperti kita ketahui, Covid-19 sudah menjadi wabah global yang melanda seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, pandemi ini telah berlangsung hampir sebelas bulan sejak kasus pertama diumumkan. Jumlah kasus positif dan kematian yang terus meningkat kini membawa Indonesia masuk lima besar negara dengan jumlah kasus positif Covid-19 tertinggi di Asia.

vaksin1

Kasus penularan COVID-19 masih terjadi. Namun, kabar baik bagi kita semua bahwa vaksin COVID-19 kini sudah mulai dilakukan di Indonesia.

Lalu, bagaimana vaksin Covid-19 memberi harapan akan berakhirnya wabah ini? Apa sebenarnya vaksin? Vaksin umumnya mengandung patogen penyebab penyakit tetapi telah dimatikan atau dilemahkan sehingga tidak berbahaya bagi tubuh. Sebaliknya, vaksin dapat membentuk antibodi yang dapat melindungi tubuh kita jika virus penyakit yang sama datang di masa mendatang. Misalnya, vaksin difteri yang diberikan kepada seseorang yang belum pernah terjangkit difteri. Patogen penyebab difteri dalam vaksin yang telah dimatikan atau dilemahkan akan menstimulasi tubuh untuk membentuk antibodi terhadap bakteri Corynebacterium (bakteri penyebab difteri). Maka, jika suatu saat orang tersebut terinfeksi, tubuhnya sudah memiliki antibodi untuk melawan patogen penyebab difteri di dalam tubuh.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), mencegah penularan Covid-19 tidak cukup hanya dengan menggunakan masker. Masker hanya mengurangi kemungkinan kita terpapar virus atau menyebarkan virus ke orang lain. Namun, dengan vaksin, kita dapat membentuk kekebalan tubuh agar siap melawan virus saat terinfeksi. Dengan vaksin, tubuh menjadi lebih kuat dalam melawan infeksi dan pandemi kita harapkan bisa berakhir.

 

Syarat Penerima Vaksin

Meski vaksin dapat sangat membantu melawan infeksi, nyatanya tidak semua orang bisa mendapatkan vaksin Covid-19, loh! Terdapat beberapa persyaratan kesehatan yang perlu dipenuhi untuk mendapatkan vaksin ini. Apa saja?

1. Tidak memiliki riwayat penyakit tertentu

Syarat pertama penerima vaksin Covid-19 adalah lolos tahap skrining kesehatan sebelum menerima vaksin. Kita bisa lolos skrining jika tidak memiliki masalah kesehatan, seperti:

  • Sedang menderita Covid-19
  • Sedang mengalami gejala infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) seperti hidung tersumbat, batuk, atau sesak napas dalam 7 hari terakhir
  • Sedang menjalani terapi aktif jangka panjang
  • Memiliki riwayat penyakit jantung, autoimun, gagal ginjal kronis, hipertensi, diabetes melitus, penyakit saluran pencernaan kronis, hipertiroid, kanker, kelainan darah, defisiensi imun, penyakit paru, dan HIV.
  • Sedang menjalani terapi hemodialisis, dialisis peritoneal, transplantasi ginjal, atau penggunaan obat-obatan kortikosteroid

2. Tidak dalam keadaan hamil atau menyusui

3. Tidak ada riwayat kontak erat dengan penderita Covid-19

4. Suhu tubuh normal, < 37,5°C

 

Kapan Periode Vaksinasi Covid-19?

Pemerintah Indonesia telah menyusun periode vaksinasi dan mengimbau agar seluruh masyarakat melakukan vaksinasi. Proses vaksinasi terbagi menjadi beberapa periode yang disesuaikan dengan kelompok prioritas, yaitu:

1. Periode 1 (Januari – April 2021)

Pada periode ke-1, vaksinasi Covid-19 diprioritaskan untuk tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang di fasilitas kesehatan, dan mahasiswa yang sedang menjalani pendidikan profesi kedokteran di fasilitas kesehatan.

2. Periode 2 (Januari-April 2021)

Pada periode ke-2, vaksinasi Covid-19 diprioritaskan untuk petugas layanan publik seperti TNI/POLRI, petugas bandara/stasiun/terminal, perbankan, perusahaan listrik negara, perusahaan daerah air minum, dan petugas pemberi layanan publik lainnya, serta orang-orang yang telah memasuki usia lanjut ≥ 60 tahun.

3. Periode 3 (April 2021-Maret 2022)

Sasaran vaksinasi pada periode ke-3 adalah orang-orang yang kelompok rentan dari segi geospasial, sosial, dan ekonomi.

4. Periode 4 (April 2021- Maret 2022)

Pada periode ke-4, sasaran vaksinasi Covid-19 adalah masyarakat dengan pendekatan klaster sesuai ketersediaan vaksin. dr. Irma Lidia dari Tim Dokter Lifepack menyebutkan bahwa vaksin Covid-19 akan diberikan dua dosis dengan rentang waktu tertentu (tergantung jenis vaksinnya). Patuhi dua dosis tersebut untuk mendapatkan level proteksi yang diharapkan. Perlu diingat juga, bahwa meski sudah mendapatkan vaksin, sebaiknya tetap menjalankan protokol kesehatan karena butuh waktu untuk pembentukan antibodi.

 

Setelah memahami sejumlah syarat dan periode vaksinasi Covid-19, sudahkah Warga KG siap menjalani proses vaksinasi? Jika masih khawatir akan efek samping vaksinasi yang informasinya simpang-siur, Employee Assistance Program (EAP) Kompas Gramedia menghadirkan webinar bertemakan “Vaksin Covid-19? Siapa Takut? #KGsiapvaksin” untuk mengupas tuntas soal vaksinasi Covid-19, pada Kamis, 24 Februari 2021, pukul 14.00 WIB. 

Webinar akan menghadirkan Juru Bicara Kementerian Kesehatan sekaligus Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung, dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid. sebagai narasumber. Secara eksklusif untuk Karyawan KG, dr. Nadia akan menjawab pertanyaan seputar seluk-beluk vaksin Covid-19, pelaksanaannya, hingga soal ada tidaknya efek samping vaksinasi.

Kebutuhan dan kesejahteraan Karyawan KG adalah prioritas perusahaan. Oleh karena itu, jangan lewatkan kesempatan webinar ini dengan segera mendaftarkan diri melalui menu Wellbeing Event di laman EAP atau langsung daftar di sini.

Salam sehat dan sampai berjumpa, Sobat KG! #KGsiapvaksin #KGBISA 

 

Penulis: Nada Karisma (Lifepack)

Penulis & Penyunting: Brigitta Valencia Bellion

Content Writer

FEBE KINAWA PANGGUA

HR Expertise Analyst

KOMPAS GRAMEDIA - CORPORATE HUMAN RESOURCES