Info KG

>

#CumadiKG

#CumadiKG

Forum Marcomm Kompas Gramedia 2023 Brand Reputation: Jurus Jitu Jaga Loyalitas Pelanggan

BRIANTI NOVIRANDANI

Media Relation & Protocol Analyst - Dipublikasikan

Jakarta, 2 Maret 2023 - Kompas Gramedia kembali menggelar Forum Marcomm bertajuk “Brand Reputation: Jurus Jitu Jaga Loyalitas Pelanggan” yang membahas mengenai pengetahuan tentang bagaimana mengelola loyalitas pelanggan. Forum Marcomm ini diisi oleh dua narasumber, yaitu Dosen Magister Ilmu Komunikasi Edward Depari, MA., M.SC. dan Corporate Marcomm Manager Prita Gero. Forum Marcomm ini digelar mulai pukul 14.00 - 16.30 WIB dengan sharing session yang bertujuan untuk mempererat hubungan dan menjadikan wadah untuk berbagi ilmu untuk setiap unit Kompas Gramedia.

Forum Marcomm ini dihadiri oleh para praktisi Marcomm dari berbagai unit Kompas Gramedia Grup. Forum ini menghadirkan dua narasumber yang kredibel di bidangnya masing-masing. Dibuka dengan sambutan dari Corporate Communication Manager Kompas Gramedia Agatha Tristanti dan dilanjutkan oleh pemaparan yang diberikan oleh kedua narasumber.
Dalam Forum Marcomm Kompas Gramedia 2023 ini, kedua narasumber berbagi insight yang beragam. Pada sesi pertama, Edward Depari membagikan pemaparan mengenai pentingnya Brand Reputation bagi sebuah perusahaan. Dimulai dari penjelasan mengenai Brand Reputation itu sendiri sampai dengan bagaimana sebuah Brand Reputation dapat mempengaruhi loyalitas pelanggan.

img 1446 2 min

Brand Reputation adalah sebuah gambaran dari perusahaan yang dapat dirumuskan menjadi CBP, yaitu Communication, Behavior, dan Performance. Jadi reputasi perusahaan itu akan dilihat dari bagaimana cara perusahaan mengomunikasikan apapun kepada publiknya, bagaimana sebuah perusahaan berperilaku, baik di internal maupun kepada pelanggannya, dan didukung oleh bagaimana performa yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut selama jangka waktu tertentu,” ucap Edward.

Reputasi sebuah perusahaan tentunya juga berkaitan dengan bagaimana perusahaan itu mengendalikan krisis ataupun isu yang menyangkut perusahaan tersebut. Semakin baik sebuah perusahaan dapat mengendalikan krisis yang ada tentunya akan membuat kepercayaan pelanggan meningkat. Edward juga menjelaskan bagaimana isu ataupun krisis menjadi sebuah kesempatan yang baik bagi sebuah perusahaan untuk menjadikannya momentum dalam membangun citra dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

img 1540 2 min

Pemaparan materi selanjutnya diberikan oleh Prita Gero mengenai Creative Marketing Breakthrough During Pandemic. Ia berbagi pengetahuan mengenai bagaimana mempertahankan eksistensi Santika Indonesia Hotels & Resorts dan mencari alternatif targeting solution di masa pandemi.

Ketika suatu perusahaan terkena krisis, maka hal yang paling penting adalah bagaimana perusahaan tersebut menangani dan mengambil kesempatan untuk berkembang. Sebagai Marketing Manager, Prita mengatakan bahwa kita harus tetap menjaga relasi dan menciptakan hal-hal baru agar dikenal sebagai pelopor. Dengan citra sebagai pelopor, tentunya sebuah perusahaan akan memiliki citra yang sangat baik dan menjadi acuan dari kompetitor.

“Untuk mengubah arah dengan tanpa kehilangan keseimbangan, dan mampu beradaptasi di tengah-tengah perubahan, kami membuka kerja sama seluas-luasnya dengan stakeholders sehingga menghasilkan peluang-peluang baru serta bergerak mencari solusi. Untuk mendukung kolaborasi tersebut, kami menawarkan creative value yang dikomunikasikan secara konsisten melalui banyak platform, secara offline maupun online,” ucap Prita.

Dalam mempertahankan eksistensi suatu brand, maka harus ada upaya strategis yang dapat menstimulasi future demand khususnya pada suatu kondisi tertentu seperti pandemi. Kolaborasi menjadi salah satu upaya efektif yang dapat menghadapi kehilangan keseimbangan brand dan menghasilkan peluang baru.
Forum Marcomm ditutup dengan sharing session antarunit di Kompas Gramedia, sebagai wadah untuk berbagi ilmu dan pengalaman. Para unit berbagi pengalaman dalam mengendalikan beberapa isu dan krisis yang pernah dialaminya. Sharing session ini juga berguna sebagai wadah untuk saling mengenal dan memberikan kesempatan untuk berkolaborasi dan menjalin hubungan baik. Forum Marcomm Kompas Gramedia 2023 juga diharapkan dapat menjadi salah satu acara yang dapat memfasilitasi tingkat kedekatan antarunit dan menjadi wadah untuk berbagi ilmu.