Info KG

Kunjungan Sinarmas MSIG Life ke Kompas Gramedia

LARAS NABILA PUTRI

Issue Mgt. & Government Relation Analyst - Dipublikasikan

Kompas Gramedia menerima kunjungan Sinarmas MSIG Life pada Jumat, 31 Maret 2023 di Ruang Borobudur, Lantai 6 Menara Kompas. Di tengah perkembangan teknologi dengan banyak opsi kemudahan dalam aktivitas finansial, Sinarmas MSIG Life menjadi salah satu perusahaan terkemuka dalam menyediakan jasa perencanaan dan perlindungan finansial bagi keluarga Indonesia. 

Dalam pertemuan ini, delegasi Sinarmas MSIG Life dipimpin oleh President Director PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk Wianto Chen, Chief Marketing Officer PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk Toru Nakabayashi, Head of Marketing PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk Lukman Auliadi, Corporate Communications PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk Gilang R. Anggiyasari, Corporate Communications PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk Sheila Syafira, Marketing Communication Executive PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk Ditha Afti, dan didampingi oleh PR Agency ID COMM.

Kompas Gramedia menyambut dengan hangat kunjungan Sinarmas MSIG Life. Turut hadir dalam pertemuan tersebut Corporate Communication Director KG Glory Oyong, GM Communication Management and Bentara Budaya Ilham Khoiri, GM Female Media GRID Network Devy O. Situmorang, GM People Operation Corporate HR Untung Herminanto, Senior Editor & GM Kontan Commercial Rumanus Cipta Wahyana, Editor in Chief NOVA dan Parapuan Indira Saraswaty, Redaktur Pelaksana Kompas.com Amir Sodikin, GM Digital & Print Marketing KG Media Dimas Fikhriandi Soeparan, Product Superintendent Kontan Adhika Kirana, GM Sales Brand & Digital KompasTV Denny Indra, KompasTV Digital Laura, Account Executive Kompas.com Gandhi, Sales Superintendent Harian Kompas Andreas Aldo, Account Executive Harian Kompas Ryan, News Manager Tribunnews Rachmat Hidayat, Sales Manager SmartFM Andi Sunandi, Assistant Manager Tribunnews Sanusi, dan Head of PR KG Media Arrozi Effendi.

Pertemuan dibuka dengan perkenalan Kompas Gramedia beserta jajaran pimpinan yang turut hadir oleh Corporate Communication Director KG Glory Oyong. President Director PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk Wianto Chen secara timbal balik memperkenalkan Sinarmas MSIG Life dan menjajaki potensi kerja sama dengan Kompas Gramedia. “Sinarmas MSIG Life adalah salah satu perusahaan terkemuka dalam penyedia jasa perencanaan dan perlindungan keuangan di Indonesia yang sejak lama telah mendukung tonggak kehidupan masyarakat Indonesia. Pandemi salah satunya telah meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya asuransi. Selain itu, Indonesia pascapandemi tetap memiliki pertumbuhan PDB yang gemilang diikuti bonus demografi. Kondisi ini menunjukkan bahwa masa depan bagi industri asuransi sangatlah besar, dan secara langsung dapat diartikan sebagai peluang yang besar pula bagi Sinarmas MSIG Life untuk memperkuat perekonomian nasional. Selaras dengan jaringan bisnis Kompas Gramedia yang sangat ekspansif, Sinarmas MSIG Life juga memiliki multichannel bisnis. Dengan berkolaborasi bersama Kompas Gramedia, kami yakin bahwa akan semakin jauh dampak yang dapat kita berikan bersama, bagi Indonesia,” ujarnya.

Memasuki sesi diskusi, Head of Marketing PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk Lukman Auliadi menambahkan, “Peran media bagi Sinarmas MSIG Life sangatlah penting dalam menjangkau target audiens yang tepat. Dengan jaringan media Kompas Gramedia yang luas, kami dapat menjangkau segmentasi yang variatif. Selain itu, media juga dapat berperan dalam membentuk citra positif bagi asuransi, yakni dengan menganjurkan peningkatan kualitas hidup yang akan didapatkan masyarakat melalui proteksi yang ditawarkan asuransi.”

Senior Editor & GM Kontan Commercial Rumanus Cipta Wahyana menyambut pemaparan Sinarmas MSIG Life, “Asuransi memang salah satu pilar penting dalam pertumbuhan keluarga. Namun, kita mengetahui bahwa gap di penduduk masih sangat besar, terutama dalam literasi dan inklusi. Dengan peluang besar yang telah disampaikan, kami melihat besar pula peran yang dapat dimainkan Kompas Gramedia untuk turut berjuang dalam meramu informasi dengan baik untuk menunjang literasi masyarakat. Selain itu, jaringan media yang dimiliki Kompas Gramedia dapat menunjang branding Sinarmas MSIG Life.” 

Senada dengan hal tersebut, Editor in Chief NOVA dan Parapuan Indira Saraswaty menyampaikan, “Penentuan asuransi salah satunya ditentukan ibu rumah tangga. Banyak ibu-ibu yang melihat bahwa proses registrasi asuransi membutuhkan tahapan yang rumit. Dalam hal ini, NOVA setuju bahwa komitmen literasi keuangan haruslah dijalankan sebagai upaya jangka panjang. Berbeda generasi muda sebagai sandwich generation, banyak dari mereka yang melihat asuransi sebagai pilihan yang dinomorduakan. Oleh karena itu, Parapuan sebagai media generasi muda juga sepakat untuk mendukung peningkatan awareness asuransi bagi generasi muda.” 

Peran media secara khusus diharapkan dapat membantu mensosialisasikan literasi keuangan di Indonesia kepada khalayak. Lebih jauh lagi, kolaborasi yang tercipta antara media dan Sinarmas MSIG Life diharapkan mampu menjadi tenaga pendorong pertumbuhan dan pembangunan ekonomi Indonesia, terutama pasca pandemi Covid-19 yang sempat melemahkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. 

Penulis: Gisella Darfian (KGIC CorpComm 2023)
Editor: Laras Nabila Fitri (PR Analyst Kompas Gramedia)/Agatha Tristanti (Communication Management Manager)