Life on Radio #8: Menjaga Kebugaran Meski Jarak Memisahkan

VILINY LESMANA

Pandemi Covid-19 belum usai, berbagai upaya kami jalankan demi menjaga kesehatan dan kebugaran saat beraktivitas di kantor. Imbauan pemerintah untuk menerapkan protokol kesehatan di instansi dan perkantoran juga telah kami terapkan, seperti menyediakan hand sanitizer, mencuci tangan secara rutin, memakai masker dan menjaga jarak antar sesama karyawan. Bahkan dalam setiap pertemuan atau rapat, walau kami sama-sama berada di kantor, pertemuan tetap kami adakan via ZOOM meeting atau dalam jaringan. Saat makan siang, kami tetap menjaga jarak dengan tidak berkerumun di satu tempat dan makan di meja kerja masing-masing, demi menjaga kebersihan diri agar tetap higienis.

Upaya tersebut terasa kurang maksimal jika kesehatan tubuh tetap tidak terjaga. Salah satu upaya yang kami lakukan adalah mengadakan senam bersama. Sebelum pandemi, kegiatan tersebut kami adakan secara langsung di aula atau di atap teratas (rooftop) Gedung Perintis Kompas Gramedia Gajah Mada. Di saat pandemi, kegiatan senam tetap kami lakukan, namun dengan cara berbeda. Kegiatan ini kami adakan secara online dan terbuka bagi semua karyawan baik yang berada di kantor, maupun yang bekerja dari rumah.

Meski terpisah oleh jarak, efisiensi dan efektivitas tetap terjaga. Dari sisi jasmani, kami tetap merasa bugar seperti saat senam diadakan secara langsung. Dari sisi teknis, beruntung setiap karyawan memiliki jaringan Internet yang baik, sehingga kegiatan senam berjalan lancar dari awal hingga akhir. Dari sisi kebersamaan, kami sangat bahagia dan antusias. Menurut beberapa ahli kesehatan, perasaan positif atau rasa bahagia yang tercipta lewat kebersamaan memiliki pengaruh signifikan terhadap sistem imunitas tubuh.

Kegiatan senam bersama kami adakan sekali pertemuan setiap minggu dan biasanya kami lakukan pada sore hari. Coach Yudi, biasa kami menyapanya, sehabis selesai siaran menyediakan waktunya menjadi pemandu senam online bagi kami semua. Thank you, Coach Yudi!

oleh Melisa Septiani (@teresa.melysa)

Disunting oleh: @vilinylesmana

Content Writer

VILINY LESMANA

KG Radio Network Vice Director

KOMPAS GRAMEDIA - GROUP OF MEDIA