Rapat Koordinasi Pimpinan KG Antisipasi Penyebaran COVID-19 di KG

AGATHA TRISTANTI

Pemerintah Indonesia mengumumkan COVID-19 sebagai bencana nasional pada Minggu, 15 Maret 2020. Kita semua dan segenap masyarakat Indonesia sedang menghadapi situasi penuh tantangan terkait antisipasi penyebarannya. Merespons situasi ini, CEO KG Lilik Oetama mengundang seluruh pimpinan BU/FU dan HR Unit KG untuk rapat koordinasi antisipasi meluasnya dampak COVID-19. Rapat koordinasi diselenggarakan Minggu sore, 15 Maret 2020 di Ruang Maoke, Gedung KG Unit 2 Palmerah Selatan lantai 6, dihadiri lebih dari 50 pimpinan unit KG.

Tim Pusat Pengendalian Krisis (PUSDALSIS) KG memimpin rapat dengan memaparkan sejumlah langkah antisipasi yang telah dilakukan di lingkup KG, seperti menetapkan SOP pemeriksaan kesehatan awal untuk tamu dan karyawan saat akan memasuki gedung KG, pemasangan standing banner dan poster berisi imbauan bagi karyawan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan, melakukan sterilisasi beberapa gedung di KG, meningkatkan pembersihan fasilitas kantor secara berkala di masing-masing unit, serta sosialisasi pencegahan COVID-19 bekerja sama dengan dokter perusahaan.

Dalam rapat tersebut juga ditekankan kembali pentingnya peran aktif setiap unit untuk bersama-sama menghadapi situasi ini, karena tidak dimungkiri bahwa kondisi saat ini berdampak pada bisnis dan operasional perusahaan. Tak kalah penting, perusahaan juga menyusun langkah-langkah antisipatif seperti pembatasan penerimaan tamu, penyelenggaran rapat dengan teleconference, penerapan social distancing, imbauan menghindari tempat kerumuman, serta penundaan pelaksanaan sejumlah acara internal untuk mengurangi risiko penyebaran COVID-19.

Dari segi aturan bekerja, pimpinan unit wajib mengatur kembali kebijakan waktu kerja karyawan dengan mempertimbangkan kesehatan karyawan dan keberlangsungan bisnis, dengan pilihan seperti work from home (WFH), flexi time, split group, atau bentuk pengaturan lainnya sesuai kondisi dan kebutuhan unit. Semua ini dilakukan agar karyawan merasa tetap aman dalam menjalankan pekerjaannya.

Terakhir dalam penutupnya Mas Lilik berpesan bahwa perusahaan akan mengupayakan seoptimal mungkin seluruh usaha dan langkah-langkah yang bisa dilakukan demi keselamatan karyawan. Bersama-sama, seluruh warga KG menghadapi situasi ini dengan kompak dan terus waspada. (Dwi Yuni/Corp.Comm)

Content Writer

AGATHA TRISTANTI

Corporate Branding Analyst

CORPORATE COMMUNICATION