JAKARTA, 11 JULI 2025 – Kompas Gramedia bekerja sama dengan Unilever Indonesia meluncurkan program Akademi Sekolah Lestari (ASRI) sebagai bagian dari inisiatif Lestari KG Media melalui acara bertajuk “Kick Off: Bersemi Generasi Lestari” yang berlangsung pada Senin (07/07/2025) di Bentara Budaya Art Gallery, Menara Kompas Lantai 8, Palmerah. Program ini ditujukan untuk memberikan edukasi keberlanjutan kepada lebih dari 200.000 siswa dan siswi SMA/SMK sederajat di seluruh Indonesia.
Program ASRI terdiri dari beberapa rangkaian, yaitu ASRI Menyapa (roadshow ke sekolah-sekolah), Program Pembelajaran Daring (melalui e-course dan mentoring), Kompetisi, dan Grand Awarding. Fokus utama program ini adalah pada tiga isu penting, yaitu pengelolaan sampah, konservasi alam, dan kesehatan fisik. Tujuannya tidak hanya untuk menyelesaikan persoalan lingkungan melalui edukasi, namun juga untuk membekali generasi muda agar siap menghadapi tantangan masa depan, selaras dengan visi pemerintah dalam mewujudkan Generasi Emas 2045 serta mendukung Gerakan Sekolah Sehat.
Sambutan acara disampaikan oleh VP Sustainability Lestari KG Media Wisnu Nugroho. Beliau menyatakan pentingnya upaya kolaborasi untuk memastikan ASRI bukan sekedar kompetisi, tetapi berperan sebagai ekosistem yang menciptakan dampak nyata.
“Untuk memastikan keberlangsungan ekosistem keberlanjutan di sekolah, kolaborasi lintas sektor adalah kunci. Berdasarkan prinsip pentahelix, ASRI mempertemukan lima elemen penting: sektor swasta (diwakili Unilever Indonesia), pemerintah (Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi; Kementerian Lingkungan Hidup; Kementerian Kesehatan; Kementerian Agama; serta Dinas Pendidikan dan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta), akademisi (IPB dan UMN), komunitas (IEPA, Earth Hour Jakarta, Skystar Capital), serta media dan internal KG Media sebagai penggerak kesadaran publik. Semua pihak inilah yang menjadikan ASRI bukan sekadar program edukasi, tapi ekosistem nyata untuk mendorong perubahan,” ujar Wisnu.