Menurut tim CHR Kompas Gramedia, kerja sama ini merupakan bentuk dari upaya KG untuk menjangkau institusi pendidikan dan menjalin hubungan dengan generasi muda sejak dini.
“Kami percaya bahwa pengenalan dunia kerja kepada siswa SMA sangat penting agar mereka dapat lebih mengenal diri masing-masing dan kemudian mampu memetakan potensi dan minat mereka,” ujar Engagement Lead Growth Center Kompas Gramedia Febe Kinawa.
Sebagai perusahaan multi-industri, KG menghadirkan berbagai jenis lini industri yang dapat dijelajahi siswa, mulai dari media, manufaktur, digital, hingga pengelolaan sumber daya manusia. Nilai-nilai inti KG juga akan diajarkan kepada para siswa, dengan harapan agar mereka tidak hanya mengenal profesi yang ada, namun juga memahami dinamika pada dunia profesional.
Program Career Exploration ini telah menjadi bagian dari kurikulum wajib Sekolah Cikal bagi siswa kelas 10, di mana para siswa diarahkan untuk mengobservasi pekerjaan yang dilakukan oleh mentor masing-masing. Proses pembelajaran dengan basis day-to-day task ini memberi kesempatan bagi siswa untuk belajar langsung dari pengalaman. Dalam pelaksanaannya, setiap mentor diberikan kebebasan untuk memanfaatkan teknologi sebagai wadah komunikasi, seperti platform Zoom, Google Meet, WhatsApp, ataupun Microsoft Teams.
Pada pengujung program nantinya, para siswa akan menampilkan dan menceritakan hasil pembelajaran yang didapatkan setelah 10 hari dalam Presentation Day. Mereka tidak hanya akan mempresentasikan hasil kerja, tetapi juga refleksi pribadi terhadap proses eksplorasi yang dijalani. Ini menjadi ajang untuk mengasah kemampuan berpikir kritis, reflektif, sekaligus kemampuan public speaking para siswa.