Jakarta, 5 Januari 2024 - Gramedia, perusahaan penerbitan terbesar di Indonesia, dengan bangga mengumumkan kolaborasi dengan Kadokawa, salah satu perusahaan penerbitan terbesar asal Jepang.
Kolaborasi ini melibatkan pendirian sebuah perusahaan penerbitan yang kemudian dikembangkan menjadi bisnis ACG (Animation, comic, and games) berkualitas tinggi, serta pengembangan platform e-commerce dan digital book dengan misi menjadi platform digital buku terbaik di Indonesia. Keduanya sepakat bahwa melalui joint venture ini, mereka menciptakan konten hiburan yang inovatif dan memikat untuk memenuhi kebutuhan pasar yang terus berkembang.
Strategi bisnis perusahaan joint venture yang diberi nama PT Phoenix Gramedia Indonesia ini meliputi:
1. Produksi Komik dan Light Novel Berkualitas Tinggi
Perusahaan berfokus pada penciptaan komik dan light novel yang berasal dari IP (Intellectual Property) Kadokawa dan IP kreator Indonesia.
2. Merchandise yang Unik dan Berkualitas:
Selain penerbitan, perusahaan juga akan menghasilkan merchandise yang berkualitas tinggi, termasuk fashion dan barang-barang koleksi.
3. Inovasi Teknologi dan Media
Perusahaan juga akan mengadopsi teknologi terbaru dan strategi media untuk memperkuat saluran distribusi produk secara online dan distribusi buku digital untuk meningkatkan interaksi dengan penggemar.
4. Ekspansi Pasar Global
Gramedia dan Kadokawa juga berkomitmen untuk mengakses pasar global dengan mengeksplorasi peluang distribusi IP yang berada dalam manajemen Gramedia ke berbagai negara.
Taro Iwasaki, yang membawahi bisnis Kadokawa di Kawasan Asia Tenggara, menjadi President Director dari PT Phoenix Gramedia Indonesia.
"Kami sangat antusias dengan peluang kolaborasi bersama Kadokawa. Kami percaya bahwa gabungan kekuatan kami akan menciptakan konten yang tak terlupakan dan memperkuat posisi kami di pasar Indonesia." ujar Priyo Utomo, CEO Gramedia.
“Kami sangat senang dapat bermitra dengan Gramedia, perusahaan penerbitan terkemuka di Indonesia, karena hal ini sangat penting untuk ekspansi bisnis kami di luar negeri.” ujar Takeshi Natsuno, CEO Kadokawa.
Dengan kekuatan bersama, Gramedia dan Kadokawa, berkomitmen untuk menciptakan pengalaman hiburan yang luar biasa bagi para penggemar di seluruh dunia.