KG Media Borong Adam Malik Awards 2021

Created By

Tiga media KG memenangkan penghargaan Adam Malik Awards (AMA) 2021 dari Kementerian Luar Negeri RI, yaitu Harian Kompas sebagai media cetak terbaik, Tribunnews.com sebagai media daring terbaik, dan Smart FM sebagai media radio terbaik.

Terkait situasi pandemi, pemenang AMA tahun ini diumumkan melalui acara Pernyataan Pers Tahunan Menteri Luar Negeri RI pada Rabu, 6 Januari 2021. Inilah kali pertama pemenang AMA diumumkan secara daring dan dapat disaksikan oleh seluruh masyarakat Indonesia melalui kanal YouTube. Kemenlu RI rutin memberikan penghargaan tahunan ini sejak 2002 kepada media dan jurnalis yang dinilai konsisten membuat laporan serta liputan kebijakan luar negeri RI.

whatsapp image 2021 01 08 at 12 17 17

Ketua Dewan Pers Mohammad Nuh selaku Ketua Dewan Juri Adam Malik Awards 2021 menyatakan bahwa pemberian anugerah ini menunjukkan upaya terus-menerus Kemenlu untuk meningkatkan komunikasi publik dan edukasi politik. Dengan demikian, masyarakat bisa semakin mengetahui perkembangan politik luar negeri Indonesia. “Acara ini juga meningkatkan kompetensi jurnalis,” ujar Nuh.

Anugerah AMA 2021 bukan yang pertama bagi KG Media. Dilansir dari Kompas.id, Harian Kompas rutin memenangkan penghargaan ini selama periode 2011–2021, hanya pada 2013 dan 2020 saja Kompas tidak menerima penghargaan itu untuk kategori media cetak. Jurnalis Kompas juga beberapa kali menerima AMA. Demikian pula dengan jurnalis Tribunnews.com yang tahun lalu menyabet penghargaan sebagai jurnalis terbaik 2020.

whatsapp image 2021 01 08 at 12 17 18

Selain Mohammad Nuh, anggota dewan juri AMA 2021 yaitu Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Agung Suprio, Sekretaris Jenderal Persatuan Wartawan Indonesia Pusat Mirza Zulhadi, Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Widodo Muktiyo, Staf Ahli Bidang Diplomasi Ekonomi Kemlu Dubes Ina H Krisnamurthi, dan Kepala Departemen Hubungan Internasional, CSIS, Shafiah Muhibat.

whatsapp image 2021 01 08 at 12 17 18 1

“Acara Adam Malik Awards ini adalah acara kebersamaan antara insan pers dengan Kemenlu untuk membangun politik luar negeri yang semakin baik lagi,” lanjut Nuh. Para juri mengapresiasi Kementerian Luar Negeri RI yang konsisten menyelenggarakan AMA 2021 meskipun di tengah situasi pandemi Covid-19.

AMA diambil dari nama Adam Malik Batubara, mantan menlu dan wakil presiden RI. Ia lebih dulu menjadi jurnalis sebelum menjadi diplomat dan pejabat. Perpaduan jurnalis-diplomat yang sangat kompeten adalah sebutan yang kerap ditujukan kepadanya.

(*/disarikan dari berbagai sumber)

Content Writer

AGATHA TRISTANTI

Corporate Branding Analyst

KOMPAS GRAMEDIA - CORPORATE COMMUNICATION