Life on Radio #26: Apresiasi PT Jasa Marga kepada Radio Sonora Jakarta

Created By

Dahulu Bapak P.K. Ojong, salah satu perintis KG sekaligus pendiri Radio Sonora Jakarta, pernah berujar jika pada saat itu Jalan Hayam Wuruk dan Gajah Mada (nama jalan di sisi gedung Radio Sonora pada waktu awal berdiri) ramai dilintasi kendaraan, bayangkan pada tahun-tahun berikutnya. Wilayah Jakarta tentu akan semakin ramai dipadati penduduk dan pengguna kendaraan tentu semakin meningkat. Untuk menjawab visi inilah, Radio Sonora tumbuh mengikuti perkembangan zaman guna memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi.

Radio Sonora telah berdiri selama 48 tahun. Pada 8 Agustus 2021 nanti, Radio Sonora akan berusia 49 tahun. Hampir setengah abad Radio Sonora telah menyentuh kehidupan banyak pengguna jalan, tidak hanya Jakarta, tetapi juga menyebar hingga ke kota-kota besar lainnya di Indonesia. Testimoni murni dan singkat "Radio Sonora sangat membantu saat sedang berada di perjalanan" sering kami terima melalui aplikasi WhatsApp maupun Telegram, atau bahkan telepon, yang diwadahi oleh rekan-rekan Pusat Informasi Sonora yang bertugas.

"Radio SONORA sangat membantu saya di perjalanan, sejak dulu hingga sekarang, sebelum saya bepergian, saya lebih dulu menghubungi SONORA, informasinya sungguh cepat dan akurat saya dapatkan, terima kasih SONORA."

Itulah salah satu testimoni Sahabat Sonora yang kami terima. Tentu, testimoni itu adalah hasil kerja keras para pejuang informasi di belakang layar, di antaranya Tim Pusinfo (Pusat Informasi) dan Rekan-rekan Redaksi yang bertugas siang dan malam. Mereka menghimpun berita seputar kebijakan dan kondisi jalan yang kerap kali berubah demikian cepat. Di sinilah arti MEDIA yang sesungguhnya: Sarana komunikasi para pendiri fasilitas jalan raya yang sering kali memiliki keterbatasan untuk menyampaikan pesannya kepada masyarakat luas.

Tatkala kehadiran kami menjawab kebutuhan salah satu penyedia jalan, yaitu PT. Jasa Marga, lewat jeda informasi tol menit 30 yang khas, kami pun menerima apresiasi tertinggi dari PT. Jasa Marga. Kami tercatat sebagai media yang memuat pemberitaan terbanyak tentang Jasa Marga sepanjang tahun 2020, seperti tertulis dalam rilis yang diterbitkan melalui situs resmi Jasamarga.com.

whatsapp image 2021 04 30 at 13 13 43

Penghargaan dari PT Jasa Marga untuk media yang telah berjasa diserahkan secara simbolis pada 9 April 2021 di kantor PT Jasa Marga yang berlokasi di Jasa Marga Tollroad Command Center (JMTC), Plaza Tol Jati Asih, Bekasi.

Content Manager Radio Sonora Jakarta Johanes Prabowo beserta Mas Hanny mewakili Radio Sonora Jakarta menerima penghargaan tersebut dengan penuh semangat, seperti keterangan video rekaman yang kami terima di grup WhatsApp tepat setelah acara selesai.

 

Kerja sama yang telah dipupuk dengan semangat melayani sesama kini membuahkan hasil yang memuaskan. Radio Sonora telah lama menjalin kerja sama dengan PT. Jasa Marga, dan pada masa pandemi sekarang jalinan kerja sama itu tetap tidak terhenti. Begitu banyak kerja sama yang terbina sehingga rasanya tidak pernah cukup untuk diungkapkan dalam artikel singkat. Di antara sekian banyak kerja sama itu, tiga yang paling utama adalah:

1. Kerja sama Informasi tol setiap menit 30,
2. Kerja sama pembagian takjil setiap bulan Ramadan (berhubung masa pandemi covid-19, kami masih fokus kepada masjid-masjid di ibu kota dan sekitarnya),
3. Kerja sama Info Mudik lintas provinsi.

Usai menerima penghargaan dari PT Jasa Marga, kami memberitakannya secara internal melalui Grup WhatsApp. Seluruh rekan menyambut antusias kabar gembira ini sehingga tentu menambah keakraban di antara kami semua. Kami bangga dapat terus menyalakan semangat mewujudkan cita-cita Bapak Perintis Sonora untuk hadir sebagai sarana informasi yang menyentuh kehidupan para pengguna jalan raya, khususnya wilayah Jakarta.

 

Oleh: @teresa.melysa
Disunting oleh: @vilinylesmana

Content Writer

MELISA SEPTIANI

Telephone Operator

KOMPAS GRAMEDIA - GROUP OF MEDIA