Mengenal Sosok “The Silent Art” dalam Industri Perfilman

Created By

Halo, Mama dan Papa, apa kabar?  Semoga selalu dalam keadaan sehat, ya!

Mama dan Papa tentu suka menonton film maupun video-video yang ada di YouTube kan?
Menonton film maupun video sepertinya menjadi hobi hampir setiap orang, untuk mengisi waktu luang maupun sekadar melepas penat. Ketika menonton sebuah film maupun video, kita diberi sajian visualisasi dan sinematografi yang sangat memanjakan mata, agar kita tetap setia berlama-lama menontonnya.

Tahukah Mama dan Papa, bahwa untuk membuat film maupun video yang menarik dan memanjakan mata, di dalamnya ada seorang The Silent Art.

Lalu, siapakah sosok The Silent Art tersebut?

The Silent Art adalah sosok yang sangat penting dalam produksi sebuah film maupun video. CareerExplorer menyebut bahwa kesuksesan dan kegagalan sebuah film ada di tangan mereka. Sosok tersebut adalah Video Editor.

Video editor adalah orang yang mengerjakan proses penyuntingan video-video yang akan menjadi sebuah film. Video editor bertanggung jawab untuk mengumpulkan dan mengolah beberapa materi video yang tersedia menjadi satu video utuh yang siap untuk disebarluaskan. Materi tersebut di antaranya adalah footage, dialog, sound effect, dan lain-lain. Seorang video editor memiliki peran penting pada kesuksesan sebuah film. Namun, pekerjaan mereka jarang diperhatikan oleh publik. Oleh karena itu, Video Editor dikatakan sebagai “ The silent art” atau seni dalam sunyi.

Nah, Mama dan Papa, film-film keren yang menyajikan visualisasi dan sinematografi luar biasa yang sering Mama dan Papa tonton merupakan buah karya para Video Editor. Walaupun pekerjaannya seperti tidak terlihat, namun perannya sangat besar untuk menciptakan kesuksesan sebuah film.

Mengingat saat ini industri perfilman sedang berkembang pesat, tentunya karier sebagai seorang Video Editor akan berkembang pesat pula. Untuk menjadi seorang Video Editor yang hebat, ada beberapa skill yang harus kita miliki.
Apa saja ya kira-kira? Kalau penasaran, nantikan artikel selanjutnya di www.robologee.id atau cek instagram @robologee. Sampai di sini dulu info dari Mr. Robo, see ya di artikel selanjutnya! (Mudrika)

Sumber:

https://www.careerexplorer.com/careers/film-and-video-editor/ 

Content Writer

RATU UPISIKA MAHA MISI

Marketing Officer

KOMPAS GRAMEDIA - GROUP OF RETAIL & PUBLISHING