Sesi talkshow menghadirkan Direktur KGX Amelia Angelica dan Vice President of Operation KGX Eddi Efanto dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Peserta yang hadir hanya 50% dari kapasitas ruangan, serta menggunakan masker dan menjaga jarak.
Berawal dari Jabodetabek, layanan ini akan segera dapat dirasakan di seluruh cabang KGX untuk pengiriman ke beberapa negara tujuan, yaitu ASEAN, Tiongkok Raya, Australia, hingga Amerika Serikat.
“Kita akan memperluas coverage kita step by step. Karena mengutamakan kualitas, jadi sambil berjalan kita lakukan juga persiapan secara teknis di seluruh Indonesia,” jelas Eddi.
KGX menggali informasi tentang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Bahwa UMKM di Indonesia tidak hanya melakukan penjualan untuk pasar nasional, tetapi juga sampai ke mancanegara. Namun, umumnya para pelaku UMKM terkendala dengan biaya pengiriman ke luar negeri yang terbilang tinggi.
“Kita kombinasikan layanan dengan harga ekonomis dengan service yang mampu bersaing. Sehingga kita membantu pihak UMKM sekaligus memberikan layanan pengiriman terbaik,” ujar Amelia.
Amelia mengatakan bahwa potensi produk UMKM di Indonesia sangat besar, khususnya produk kerajinan tangan dan furniture yang memiliki potensi pasar besar di luar negeri. “Makanan dan fashion seperti batik, termasuk baju muslim merupakan produk andalan UMKM Indonesia. Malaysia dan Singapura sangat tertarik dengan produk-produk karya UMKM kita yang keren-keren,” ujarnya.
Saat ditanya mengenai kelebihan layanan EDS, Amelia optimistis KGX mampu bersaing dengan kompetitor. “KGX adalah One Stop Solution for Everything, kita menjual service dari A sampai Z dan kualitas kita dalam mengelola manajemen dengan baik. Selain itu untuk bersaing dengan kompetitor, kita juga menawarkan harga yang ekonomis dengan layanan yang maksimal,” sambung Amelia.
Sebagai bagian dari Kompas Gramedia, KGX juga menawarkan layanan yang tidak dimiliki oleh kompetitor dengan membantu digitalisasi UMKM. KGX tidak hanya sekadar menggaet UMKM sebanyak-banyaknya, tetapi juga membantu mengembangkan UMKM tersebut.
“Salah satu hambatan pelaku UMKM adalah pemasaran. Maka dari itu, sebagai basis perusahaan media terbesar Indonesia, KGX memanfaatkan pengguna media Kompas Gramedia di seluruh Indonesia sebagai target pasar UMKM di Tanah Air dan membantu proses pemasaran secara digital,” pungkas Amelia.
Informasi lengkap mengenai layanan EDS dapat diakses di website www.kgx.co.id. Pelanggan juga dapat dengan mudah mengetahui status pengiriman melalui website tersebut.