Tahun Baru Harapan Baru, Kompas.com Selenggarakan #MelihatHarapan Bike Pangandaran 2021

Created By

Meneruskan upaya baik dengan gelaran program Borobudur Ride pada November 2020, Kompas.com kembali menyelenggarakan program serupa, yakni #MelihatHarapan Bike Pangandaran, Sabtu (9/1/2021). Acara bersepeda sekaligus kegiatan sosial ini diikuti oleh tim internal dan beberapa tokoh masyarakat.

Gelaran tersebut merupakan bagian dari kampanye #MelihatHarapan yang menjadi bukti keberlanjutan visi dan misi Kompas.com dalam membawa pesan positif dan semangat optimistis menguatkan bangsa di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Selain itu, kampanye #MelihatHarapan juga menjadi bukti bahwa kegiatan sosial Kompas.com akan terus selaras dengan semangat gotong royong dan saling membantu yang merupakan bagian dari budaya Indonesia. Pasalnya, dalam acara ini pula Kompas.com melakukan donasi. 

Pimpinan Redaksi (Pimred) Kompas.com Wisnu Nugroho mengatakan kegiatan sosial merupakan akar dari kebudayaan yang sudah merasuk di tengah masyarakat. Agar tujuan tercapai, kata dia, intervensi dari berbagai pihak diperlukan. Bahkan, saat kegiatan sosial sudah rampung sekalipun.

“Namun, ketika gerakan dari pihak luar sudah selesai, inisiatif dari masyarakat sekitar yang punya kemampuan bisa dilanjutkan lagi. (Seperti) membuat intervensi yang bertanggung jawab lewat sebuah program atau gerakan agar tetap sustain,” ujar Wisnu dalam rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (6/1/2021).

Sebagai bagian dari kampanye tersebut, gelaran #MelihatHarapan Bike Pangandaran pun memiliki misi yang sama lewat upaya mempromosikan destinasi wisata, kuliner bersejarah, dan kebudayaan setempat, sekaligus menjadi informasi bermanfaat bagi khalayak pembaca Kompas.com.

Selain itu, Pangandaran sengaja dipilih sebagai tuan rumah acara untuk menunjukkan bahwa destinasi wisata Indonesia tidak melulu Bali dan Yogyakarta. Kabupaten yang terletak di bagian selatan Jawa Barat ini juga memiliki keindahan panorama yang tidak kalah dari dua daerah tersebut.

Adapun aktivitas yang dilakukan oleh Kompas.com dalam kampanye ini adalah bersepeda mengeksplorasi Pangandaran berikut daerah sekitarnya. Seluruh rangkaian acara ini dilakukan dengan menaati panduan protokol kesehatan yang berlaku.

Rute bersepeda dimulai dari penginapan Hunting Hi and Lo Batu Karas menuju Warung Makan Parigi. Di sini, seluruh partisipan membagikan bantuan pangan kepada masyarakat sekitar yang membutuhkan. Sebagai informasi, pengumpulan donasi ini dilaksanakan selama satu bulan.

whatsapp image 2021 01 12 at 12 40 44 2

Di lokasi yang sama, Kompas.com juga menyalurkan bantuan dalam bentuk jaringan Internet dan buku untuk Forum Taman Bacaan Masyarakat Kecamatan Cigugur. Sebagian bantuan tersebut juga disalurkan kepada pedagang sayur keliling.

Usai penyerahan bantuan, acara dilanjutkan dengan bersepeda ke Pantai Pangandaran untuk menyambangi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) setempat.

“Selain memberikan bantuan dalam konteks pendidikan dan Internet, sebetulnya kami ingin menggerakkan ekonomi desa yang ingin kita kunjungi. Meski pertumbuhannya pelan, hal ini bisa diantisipasi. Mudah-mudahan setelah pandemi bisa kita atasi bersama-sama,” ujar Wisnu.

Sebagai salah satu portal berita terbesar di Indonesia, Kompas.com percaya kegiatan sosial, seperti #MelihatHarapan Bike Pangandaran, bisa membangkitkan semangat masyarakat, meningkatkan potensi pariwisata, dan mengedukasi masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan.

Warga KG bisa juga berpartisipasi untuk berdonasi melalui http://kitabisa.com/kompascompendidikan.

(*/dok. foto Kompas.com)

Content Writer

AGATHA TRISTANTI

Corporate Branding Analyst

KOMPAS GRAMEDIA - CORPORATE COMMUNICATION