Tantangan Persaingan Teknologi Secara Global

Created By

Halo Mama dan Papa, apa kabar? Semoga selalu sehat dan bahagia, amin. Mama dan Papa, pandemi ini membawa perkembangan teknologi pada berbagai sektor, khususnya di dunia pendidikan. Berbagai aplikasi yang semula tidak umum dalam sistem pembelajaran, menjadi salah satu elemen pendukung selama pembelajaran daring, contohnya Zoom, Google Classroom, dan lain- lain.

 

Peran teknologi

Teknologi memiliki keterikatan pada berkembangnya informasi di masa depan. Prasetyono (2017) berasumsi, “Teknologi mampu menggabungkan, mengkonversi atau menyajikan informasi dalam berbagai bentuk, dapat dieksplorasi sekaligus dimanipulasi, dan lebih jauh dapat disengajakan untuk membentuk persepsi, memanipulasi pikiran, dan mengarahkan perilaku untuk mendapatkan reaksi yang diinginkan.”

 

Persaingan teknologi

Selain mendorong hasil karya yang kreatif dan bernilai, teknologi juga berperan pada kemampuan anak dalam berinovasi. Salah satu start-up asal Indonesia yang berinovasi di bidang teknologi adalah Gojek. Nadiem Makarim (2017) menyebutkan dalam YouTube BPPK Kemenkeu RI bahwa kecepatan perubahan terutama teknologi akan semakin cepat, begitu pula persaingan teknologi sudah ke ranah global. Hal itu membuat SDM (Sumber Daya Manusia) pada 10 atau 20 tahun ke depan harus memiliki beberapa kompetensi, yaitu Bahasa Inggris, Bahasa Koding atau Programming, Statistik, dan Psikologi yang akan menjadi penunjang dalam berinovasi dan berkompetisi.

 

Dampak persaingan teknologi secara global

Persaingan teknologi secara global akan memengaruhi kebiasaan dan kemampuan manusia. Saat ini, teknologi yang sering digunakan adalah smartphone. Kini smartphone tidak hanya menjadi alat komunikasi, tetapi juga menjadi tempat belanja virtual. Kecerdasan buatan (AI) yang menjadi elemen berkembangnya teknologi masa depan semakin populer. Kristiani (2019) berpendapat, “AI memiliki banyak metode untuk mengenali mimik, secara psikologis itu juga diakui sebagai bagian dari bahasa tubuh manusia.” Ke depannya, SDM yang memiliki kompetensi kecerdasan buatan akan memiliki peran penting pada lingkungan. Namun kompetensi apa yang harus disiapkan untuk menghadapi tantangan persaingan teknologi secara global? Harsusilo (2019) berpendapat bahwa kompetensi koding dapat menjembatani antara tantangan era digital dan bidang baru seperti kecerdasan Maha Data, Kecerdasan Buatan, Komputasi Awan, hingga IoT (Internet of Things). 

 

Daftar kelas koding online Robologee Gramedia bisa lewat Gramedia Store di kotamu.

Ini daftar kontak Gramedia Store se-Indonesia: 

https://www.gramedia.com/blog/daftar-nomor-telepon-toko-buku-gramedia-indonesia/amp/

 

Referensi:

Harususilo. 5 Tips "Coding" Jadi Mudah dan Menyenangkan. 2019. https://edukasi.kompas.com

Prasetyono. Persaingan di Era Globalisasi dan Ekonomi Digital. 2017. https://www.ristekbrin.go.id

Nadiem Makarim. Seminar Utama Hari Oeang ke-71. 2017. https://www.youtube.com/watch?v=Kltbg5GWlQ0&t=6728s

Nasution. 2019. Ulasan Konsep tentang Kecerdasan Buatan. Medan: Fasilkom-TI USU.

 

Sumber gambar:

www.freepik.com

Content Writer

RATU UPISIKA MAHA MISI

Marketing Officer

KOMPAS GRAMEDIA - GROUP OF RETAIL & PUBLISHING