Pandemi memaksa masyarakat untuk menggunakan teknologi sehingga percepatan perkembangan dan akselerasi digital semakin meningkat. Oleh karena itu, digital marketing atau pemasaran digital menjadi salah satu teknik pemasaran yang paling efektif dan diminati saat ini. Pemasaran digital memiliki tujuan menjangkau target pelanggan sebanyak-banyaknya secara efisien dan juga relevan dalam memasarkan produk.
Guna membantu para pencari pekerja melengkapi keterampilan mengenai pemasaran digital dan memiliki wawasan yang lebih mengenai topik ini, Growth Center by Kompas Gramedia bekerja sama dengan Klob mempersembahkan webinar dengan judul The Art of Digital Marketing pada hari Rabu, 17 Maret 2021 dengan pemateri Indina Andamari, Vice President Marketing and Communication of Kredivo. Webinar ini secara garis besar menjelaskan pemahaman fundamental dan metode pemasaran digital, memahami pelanggan di era digital, cara terbaik dalam mengimplementasikan pemasaran digital, dan memanfaatkan pemasaran yang berhubungan dengan data untuk mendapatkan pelanggan.
Indina membuka acara dengan menjelaskan makna dari judul topik webinar The Art of Digital Marketing. “Tidak hanya diperlukan keterampilan teknis dalam pemasaran digital, tetapi juga harus ada seninya sebagai bagian dari jenama,” jelas Indina. Pemasaran digital menurut Indina hanya alat atau media untuk mencapai tujuan pemasaran dengan menggunakan teknologi digital.
Menentukan Tujuan Pemasaran yang Tepat
Di dunia digital ini, semua jenama cenderung memiliki pasar dan target yang sama. Arus informasi yang begitu cepat dari beragam gawai yang digunakan, ditambah rentang perhatian manusia dalam menerima informasi yang sangat pendek, yaitu hanya delapan detik, mengakibatkan audiens tidak bisa fokus dalam menerima informasi baru. Hal ini menyebabkan setiap jenama berlomba-lomba agar dapat tampil berbeda sehingga dapat menarik perhatian audiens secepat mungkin.
Salah satu sikap yang timbul di era digital ini adalah melakukan segala kegiatan melalui telepon pintar. Dimulai dari mencari informasi mengenai barang tertentu dengan mengunjungi situs atau menonton video, sampai mengunjungi aplikasi niaga saat memutuskan untuk membelinya. Kebanyakan orang saat ini menggunakan telepon pintar untuk mendapat informasi atau mengambil tindakan. Sehingga, strategi pemasaran yang melibatkan telepon genggam oleh audiens menjadi tidak terhindarkan.
Agar produk pemasaran efektif dan diterima oleh target audiens yang tepat, hal yang dapat dilakukan pertama kali adalah menentukan tujuan pemasarannya dan kegunaan pemasaran digital. Bagaimana cara menentukan tujuan pemasaran yang tepat? Indina menjelaskan, “Harus specific, measurable, acceptable, realistic, dan timing,” kata Indina yang sudah berpengalaman mumpuni di bidang pemasaran digital.
Mencapai Tujuan Pemasaran
Untuk mencapai tujuan pemasaran, yaitu saat individu menjadi pelanggan, dapat digambarkan melalui corong pelanggan (user funnel). Pada setiap bagian di corong pelanggan, pemasar akan mengetahui sejauh mana pelanggan mengambil tindakan, seperti mendaftarkan surel atau memasukkan nomor telepon genggam mereka. Inilah sebabnya corong pelanggan menjadi penting untuk menilai efektivitas pemasaran digital.
Selain itu, hasil pemasaran dapat dilihat dari jumlah efektivitas segmen-segmen berikut. Pertama, media (channel) yang digunakan untuk memasarkan produk. Kedua, produk yang ingin disampaikan pada target audiens (mis: konten, desain, tulisan, dan video) yang dikemas menjadi aset kreatif (creative collateral). Ketiga, alokasi anggaran (budget allocation) yang digunakan dalam pemasaran. Keempat adalah pengukuran dan analisis (measurement and analysis) untuk melihat efektivitas pemasaran. Dan yang terakhir, pengoptimalan dan umpan balik (optimization and feedback loops) untuk melihat langkah selanjutnya yang dapat diambil dari umpan balik yang didapatkan.
Lebih jauh lagi, Indina menjelaskan mengenai citra merek. “Kita harus mengerti visual seperti apa dan pesan seperti apa yang tepat untuk target audiens,” ujar Indina. Pada intinya untuk membangun citra merek harus berani melakukan percobaan. Indina juga menjelaskan bahwa dalam memasarkan produk tidak harus mengeluarkan anggaran yang besar, “Kamu bisa memulainya dengan mencoba dari yang kecil, jangan langsung menghabiskan banyak (anggaran), dan selanjutnya bisa ditingkatkan pelan-pelan,” jelas Indina kepada para audiens webinar.
Kognisi adalah produk turunan Growth Center, yang merupakan platform berbasis edukasi persembahan Kompas Gramedia yang dibangun pada Mei 2019. Kognisi secara periodik juga mengadakan webinar yang terbuka untuk publik. Informasi lebih lanjut mengenai webinar Kognisi selanjutnya dapat langsung mengunjungi akun Instagram @kognisikg dan situs learning.kompasgramedia.com (khusus karyawan Kompas Gramedia). Selamat belajar, Kogi Friends! Stay safe, healthy, and sane!
Penulis: Ristiana Dwi Putri | Editor: Sulyana Andikko | Ilustrator: Elvira Tantri