Info Unit

Info Unit News

FLASH NEWS

Employee Journalism #2: 50 Tahun #GramediaUntukIndonesia

Selama 50 tahun, Gramedia telah hadir dan berkembang bersama masyarakat Indonesia. Berdiri sejak 2 Februari 1970 dan diawali dengan sebuah toko seluas 25 meter persegi di Jalan Gajah Mada Jakarta, kini Gramedia berkembang menjadi salah satu perusahaan retail terbesar dan tersebar di 51 kota se-Indonesia dengan 121 toko. Perkembangan tersebut ditambah dengan kehadiran Cozyfield dan Cofi, yaitu kafe dengan konsep tematik, juga Edutore, Leson.id, dan Wimili sebagai lini bisnis baru Gramedia.

Pada Rabu, 22 Januari lalu Gramedia menginisiasi serangkaian kegiatan dan kolaborasi melalui kampanye #GramediaUntukIndonesia. Di antaranya gerakan Buku Untuk Indonesia, yaitu 50.000 donasi buku dan alat tulis kepada 50 sekolah terpilih secara serentak, seperti disampaikan Corporate Secretary General Manager Gramedia Yosef Adityo dalam konferensi pers (31/1) di Gramedia Pondok Indah Mall.

Dalam kampanye #GramediaUntukIndonesia, Gramedia juga melibatkan Muklay, seniman visual lokal, untuk mendesain streetwear khusus ulang tahun emas Gramedia. Musisi dan komposer Luqmanul Chakim yang mengaransemen ulang beberapa lagu daerah dengan sentuhan musik EDM (Electronic Dance Music) dan alat musik tradisional juga digandeng dalam kolaboari. Hasil aransemen Luqmanul akan diputar di seluruh toko Gramedia se-Indonesia.

Perayaan 50 tahun Gramedia juga diadakan secara internal di Ruang Ruby Lantai 7 Gedung Kompas Gramedia Palmerah Barat pada Senin, 3 Februari. Turut hadir CEO Kompas Gramedia Lilik Oetama dan jajaran direksi Kompas Gramedia lainnya. Seluruh jajaran direksi Gramedia ikut ambil bagian dalam memeriahkan acara.

Acara ini diisi dengan penampilan tari gabungan tradisional dan modern, fashion show oleh direksi Gramedia, pemutaran video 50 tahun Gramedia, pemotongan tumpeng oleh Mas Lilik dan CEO Gramedia Priyo Utomo, parodi peran teatrikal, Gramedia Idol, dan pengumuman pemenang Gramedia Idol.

Dalam sambutannya, Mas Priyo mengibaratkan usia 50 tahun bagi seseorang adalah usia yang matang secara emosi. Di usia ini, seseorang akan dapat melihat ke depan dengan lebih jelas. Harapannya, Gramedia tetap tumbuh dan berkembang serta terus menginspirasi masyarakat Indonesia hingga bertahun-tahun ke depan. (*)