Kebun Kota Perkuat Ketahanan Pangan Warga Kampung Koran Selama Masa Pandemi

Published by CorComm

Selasa, 1 September 2020, Pak Waluyo, warga RW 06 Grogol Utara, semringah memanen lemon lokal yang ia tanam sendiri menggunakan metode tabulampot (tanaman buah dalam pot). Ini panen yang kesekian kalinya, lumayan untuk membuat minuman penambah daya tahan tubuh bagi keluarganya maupun tetangga sekitar sebagai salah satu upaya menjaga kesehatan di situasi pandemi ini, katanya.

Pak Waluyo adalah salah satu warga yang telaten mengurus kebun kota (urban farming) yang dikembangkan oleh Kampung Koran, program kontribusi sosial yang digulirkan CSR Kompas Gramedia berkolaborasi dengan komunitas Salam Rancage. Kebun kota ini dirintis sejak 2018 di wilayah RW 06 Grogol Utara, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Lokasinya persis di belakang Gedung Studio Silver KompasTV, Palmerah Selatan.

whatsapp image 2020 09 01 at 12 07 31

Selain lemon lokal, tabulampot lain yang dihasilkan adalah jambu biji dan mangga. Pak Waluyo dan warga lain juga menanam berbagai macam sayur-mayur seperti caisim, sawi, kangkung, bayam, terong, cabai, pare, dan tomat. Ada pula tanaman bergizi tinggi seperti daun kelor dan krokot.

Budidaya sayuran dan buah-buahan ini memberi hasil panen secara periodik yang dimanfaatkan untuk menambah kebutuhan dapur warga. Terlebih di tengah masa pandemi ini, warga semakin merasakan arti penting keberadaan kebun kota di wilayah mereka karena mampu memperkuat ketahanan pangan keluarga. Setidaknya, mereka tak perlu sering-sering ke pasar untuk berbelanja sayur dan buah. Selain hemat, risiko penularan Covid-19 melalui kerumunan orang di pasar dapat diminimalisir.

whatsapp image 2020 09 01 at 12 19 45

Pada tahun pertama dirintis, warga mendapat pelatihan budidaya sayuran secara intensif melalui program Kampung Koran. Budidaya itu dilakukan dengan medium tanah dan medium air (hidroponik). Tak hanya itu, warga juga menerima bantuan berupa benih tanaman sayuran hingga sarana produksi pertanian. Semua itu dimanfaatkan dengan baik oleh warga untuk mengembangkan kebunnya. Alhasil, selama dua tahun berjalan, warga berhasil mengubah dan memanfaatkan tempat pembuangan sampah sementara (TPS) menjadi lahan produktif pertanian melalui kebun kota ini.

whatsapp image 2020 09 01 at 12 19 46

Inisiasi Kebun Kota merupakan pengembangan dari dua subprogram Kampung Koran yang sudah berjalan sebelumnya, yaitu Pojok Anyam atau komunitas daur ulang kertas koran menjadi aneka kerajinan dan Bank Sampah yang berada di 3 RW sekitar kantor Palmerah. (Azmi Pamungkas/CSR Corporate Communications)

Content Writer

AGATHA TRISTANTI

Corporate Branding Analyst

KOMPAS GRAMEDIA - CORPORATE COMMUNICATION