Wellbeing Articles

Counseling

COUNSELING

Kenali Gejala Hipertensi dan Cara Pencegahannya

Hipertensi sering kali lebih dikenal dengan sebutan tekanan darah tinggi. Tekanan darah adalah ukuran dari seberapa kuat jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Setiap orang punya tekanan darah berbeda-beda karena dipengaruhi oleh beberapa faktor mulai dari usia, pola makan, hingga aktivitas yang dilakukan sehari-hari. Pada masa pandemi seperti ini, besar kemungkinan seseorang merasakan stres karena aktivitasnya mendadak meningkat padat. Stres lantas membuat tekanan darah berangsur-angsur meningkat.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi sering kali tidak diketahui penyebabnya. Namun, beberapa faktor yang bisa menyebabkan seseorang mengalami hipertensi adalah pola makan tidak sehat, konsumsi garam berlebihan, aktivitas fisik yang kurang, hingga kebiasaan merokok atau minum alkohol. Saat ini, banyak orang dengan hipertensi tidak mengetahui masalahnya karena belum mengetahui gejala-gejalanya. Beberapa gejala yang kerap dialami oleh penderita hipertensi adalah:

- sakit kepala di pagi hari 

- mimisan

- irama jantung tidak teratur

- telinga berdengung. 

 

World Health Organization (WHO) menyatakan bahwa hipertensi adalah penyebab utama kematian dini di seluruh dunia. Tekanan darah tinggi yang dialami seseorang dapat berujung kepada serangan jantung, stroke, hingga kerusakan ginjal. Beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah ataupun mengelola hipertensi menurut anjuran WHO adalah:

- makan lebih banyak buah dan sayuran

- melakukan aktivitas fisik secara teratur

- mengurangi asupan garam

- mengurangi konsumsi alkohol dan tembakau

- rutin mengelola kondisi medis diri sendiri

 

Kompas Gramedia memahami bahwa kesehatan merupakan salah satu hal penting bagi semua karyawan. Karena itu, CHR bekerja sama dengan Lifepack untuk membantu menjaga dan memperhatikan kesehatan karyawan. Konsultasi dengan dokter kini semakin mudah. Setiap kali merasakan gejala sakit, karyawan bisa langsung berkonsultasi secara daring dengan dokter umum di Lifepack, gratis. Selain itu, hingga akhir bulan September, karyawan Kompas Gramedia dapat membeli atau menebus obat secara gratis tanpa perlu membayar ongkos kirim dengan menggunakan kode promo khusus. Tunggu apa lagi? Tidak perlu khawatir dengan hipertensi dan penyakit lainnya karena Lifepack hadir untuk memberikan layanan terkait kesehatan dengan lebih terjangkau. Cek poster di bawah ini untuk tahu informasi selengkapnya tentang Lifepack!

whatsapp image 2020 09 11 at 13 46 09 1