Kiat Menjaga Kesehatan ala Dokter Medical Center Kompas Gramedia

Published by CorComm

Di masa pandemi seperti ini, banyak kantor yang menerapkan kebijakan bekerja dari rumah atau yang biasa disebut sebagai Work from Home (WFH). WFH mulai ramai dilakukan sejak pemerintah memutuskan untuk melakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di beberapa daerah, termasuk DKI Jakarta, untuk memutus mata rantai pandemi Covid-19. Beberapa unit Kompas Gramedia juga turut melaksanakan WFH untuk menjaga keamanan dan kesehatan para karyawannya. Melakukan pekerjaan dari rumah membuat seseorang harus pandai mengatur prioritas kegiatan yang akan dilakukan selama sehari karena jadwal untuk beraktivitas cenderung lebih dapat dikendalikan oleh masing-masing orang. 

Di lain sisi, WFH bisa membuat jadwal seseorang menjadi lebih tidak teratur. WFH sering kali membuat seseorang tidak makan dengan teratur dan menahan diri untuk membuang air kecil. WFH seharusnya tidak menjadi alasan untuk seseorang mempunyai jam makan tidak teratur dan menahan diri untuk pergi ke toilet. Menurut dr. Fiona, salah satu dokter di Medical Center Kompas Gramedia, saat melaksanakan WFH, penting bagi setiap orang untuk tetap menjaga pola makan dengan teratur dan menjaga pola hidup sehat agar tubuh tetap sehat walaupun selalu berada di rumah.  

Di Kompas Gramedia sendiri masih ada beberapa unit yang tidak bisa melaksanakan WFH dan harus bekerja dari kantor. Gangguan pencernaan adalah salah satu kondisi yang paling sering ditemui pada karyawan Kompas Gramedia. Bahkan banyak yang berkelanjutan sampai mengalami sakit kepala, pusing berputar, dan sebagainya. Inilah beberapa kiat yang dibagikan oleh dr. Fiona untuk dapat dilakukan jika menjumpai rekan kerja yang mengalami keluhan kesehatan di kantor: 

  • Jauhkan dari keramaian/kerumunan.
  • Biarkan orang tersebut beristirahat dari pekerjaannya.
  • Jika memungkinkan, usahakan membaringkan orang tersebut dengan posisi kaki sedikit ditinggikan, lepaskan sepatu, dan longgarkan pakaian yang terlalu ketat.
  • Berikan air/teh hangat. 
  • Segera konsultasi dengan dokter jika berkepanjangan.

 

Kompas Gramedia memahami bahwa menjaga kesehatan di tengah pandemi menjadi hal penting bagi para karyawan. Berdasarkan hal tersebut, Kompas Gramedia memberikan tambahan fasilitas kesehatan bagi karyawannya dalam bentuk Lifepack supaya karyawan tetap dapat berkonsultasi dengan dokter walaupun tidak sedang bekerja ke kantor. Lifepack juga akan melakukan integrasi dengan MyKG yang menjadi salah satu sarana komunikasi khusus untuk para karyawan Kompas Gramedia. Selain itu, integrasi antara Lifepack dengan MyKG juga akan memberikan banyak keuntungan khusus bagi karyawan Kompas Gramedia!

Penasaran dengan keuntungan dari Lifepack yang akan diterima oleh karyawan Kompas Gramedia? 

Tunggu tanggal mainnya sebentar lagi, ya! (*)

Content Writer

FEBE KINAWA PANGGUA

HR Expertise Analyst

KOMPAS GRAMEDIA - CORPORATE HUMAN RESOURCES