Kolaborasi #AkuBaca dan Pojok Budaya Panggungharjo untuk Kembangkan Minat Baca

Published by CorComm

Gerakan Literasi #AkuBaca menjalin kolaborasi dengan Taman Baca Pojok Budaya Panggungharjo melalui program bertajuk “Desa Membaca, Membaca Desa”. Kolaborasi literasi ini merupakan upaya untuk mendorong tumbuh kembang minat dan budaya baca masyarakat, sekaligus menggali dan merevitalisasi nilai budaya lokal melalui jalan literasi. Tim #AkuBaca menyampaikan donasi buku sebanyak 300 eksemplar kepada Pembina dan Pengelola Pojok Budaya Panggungharjo pada Rabu, 16 September 2020. Acara serah terima donasi diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Kami dari Gerakan #AkuBaca, yang dikelola CSR Kompas Gramedia, sangat bersyukur dan bangga karena hari ini bisa berada di salah satu desa paling inovatif di Indonesia, serta bertemu dengan pemerintah dan masyarakat, terutama anak-anak muda, yang sangat kreatif mengembangkan desanya,” ujar GM Corporate Communications Kompas Gramedia Saiful Bahri pada acara serah terima donasi. Lebih lanjut Saiful berharap buku-buku yang didonasikan #AkuBaca dapat turut memberi kemanfaatan bagi desa dan masyarakat Panggungharjo agar semakin maju lagi ke depannya.

Gagasan kolaborasi literasi ini berangkat dari keterpaduan visi misi serta keselarasan gerak langkah, terutama di bidang literasi budaya, antara kedua belah pihak. #AkuBaca merupakan salah satu program tanggung jawab sosial (Corporate Social Responsibility) Kompas Gramedia. Program pengembangan masyarakat ini telah digulirkan sejak 17 Mei 2017 dan sampai saat ini telah berkontribusi mendonasikan lebih dari 17.000 eksemplar buku ke 300 Taman Bacaan Masyarakat (TBM) yang tersebar di 300 kota/kabupaten di 31 provinsi di Indonesia.

Sementara itu, Pojok Budaya Panggungharjo yang berlokasi di Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta merupakan sentra edukasi kebudayaan yang dirintis pemerintah, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda Desa Panggungharjo dengan dipandu oleh Sanggar Inovasi Desa, yayasan sosial yang bergerak di bidang pengembangan desa dan pemberdayaan masyarakat. Pojok budaya ini melengkapi terapan program-program inovatif lain yang sudah diterapkan sebelumnya oleh Sanggar Inovasi Desa di Panggungharjo, antara lain Kampung Mataraman, Kampung Dolanan, Kongres Kebudayaan Desa, marketplace PasarDesa.id, dan lain sebagainya. 

Kepala Desa Panggungharjo Wahyudi menyampaikan terima kasih kepada #AkuBaca dan Kompas Gramedia atas kolaborasi ini. “Kami bersyukur dan berterima kasih kepada Gerakan #AkuBaca dan Kompas Gramedia yang turut berkolaborasi dan berkontribusi dalam upaya pengembangan Desa Panggungharjo. Kolaborasi literasi ini, terutama melalui donasi buku, kiranya akan sangat bermanfaat bagi Pojok Budaya sebagai sentra edukasi dan pengembangan budaya di Desa Panggungharjo,” tukasnya. (*)

Content Writer

AGATHA TRISTANTI

Corporate Branding Analyst

KOMPAS GRAMEDIA - CORPORATE COMMUNICATION