Info KG

>

#CumadiKG

#CumadiKG

Life on Radio #1: Radio Adalah Teman

AGATHA TRISTANTI

Corporate Branding Analyst - Dipublikasikan

Radio memang media yang sangat unik. Di satu sisi, dia dikategorikan sebagai media elektronik sama seperti televisi. Namun di sisi lain radio dan televisi memiliki “nature” yang sangat berbeda. Televisi dapat dikategorikan sebagai media massal, media yang memang audiensnya beragam, siapa saja, dari semua kelompok usia, dari semua wilayah/area, dari semua kelompok minat, dan lain-lain.

Sementara radio, sama sekali bukan media massal, radio adalah media ‘personal’. Radio memiliki ikatan yang sangat erat dengan pendengarnya, yang tidak dimiliki oleh pemirsa televisi. Radio membangun ikatan yang intim, yang sangat intens dengan pendengarnya, karena radio memang hakikatnya memosisikan diri sebagai ‘teman’ bagi pendengarnya. Konsepsi ‘teman’ inilah yang membuat radio bisa membangun hubungan yang erat dengan pendengarnya. Mengapa ‘teman’? karena radio tetap bisa hadir ‘menemani’ pendengarnya di saat pendengarnya sedang melakukan berbagai aktivitas seperti memasak, membaca buku, belajar, mengemudi kendaraan, bekerja di kantor, di perjalanan di pesawat dan lainnya. Lagipula, pada dasarnya, kita manusia, pasti senang ditemani :).

Mendengarkan radio sama sekali tidak membutuhkan effort lebih, sama sekali tidak membutuhkan tingkat konsentrasi yang tinggi, pun tidak membutuhkan waktu khusus atau tempat khusus. Berbeda dengan media yang lain, ketika kita menonton televisi, tentu membutuhkan konsentrasi yang lebih, juga membutuhkan tempat dan waktu khusus.

Oleh karena itu, brand radio yang sudah melekat lama dengan pendengarnya tidak bisa dengan mudah diganti. Perlu proses untuk membangun kembali ikatan ‘pertemanan’ lagi dari awal. Kita pun pasti mengalaminya, memang tidak mudah mengganti ‘teman’ yang sudah sekian lama ‘menemani’ hari-hari dan perjalanan kita. Apalagi di masa pandemi Covid-19, tentu kita membutuhkan ‘teman’ yang bisa selalu menemani, memberi semangat, memberi penghiburan, memberi edukasi dan pencerahan. Semoga kita semua memiliki teman yang selalu menemani kita dalam perjalanan dan hari-hari kita.

 

Salam sehat,

Viliny Lesmana

Vice Director KG Radio Network