Life on Radio #3: Radio Adalah Kehidupan

Published by CorComm

Kehadiran Radio memiliki berbagai makna untuk para pendengarnya. Kita coba kembali pada masa masyarakat Amerika melewati masa sulit seperti saat beberapa bank mengalami krisis atau saat Perang Dunia II terjadi. Banyak warga Amerika pada masa itu tidak dapat berkumpul di satu tempat mendengarkan pidato sang Presiden, namun mereka merasa dikuatkan, bahwa mereka ternyata tidak sendiri menghadapi krisis, karena ada suara dari Presiden Franklin Delano Roosevelt yang hadir lewat media komunikasi Radio.

Begitu pula pada saat Kemerdekaan Indonesia, Radio menjadi bagian penting bagi terwujudnya Kemerdekaan itu. Bagaimana seluruh masyarakat Indonesia di penjuru negeri dapat mendengar Proklamasi dikumandangkan jika tidak melalui Radio?

Kilas balik peristiwa yang saya sampaikan di atas masih relevan hingga saat ini. Radio tetap memegang peranan penting bagi masyarakat Indonesia. Kompas Gramedia Radio Network tersebar di 21 kota di Indonesia dengan berbagai segmennya, agar kami dapat memastikan, Radio masih dekat dengan masyarakat Indonesia di mana pun berada.

Alih-alih menganggap media online adalah saingan, kami menganggap media online sebagai “kepanjangan” dari media Radio, menjadi mesin pendorong Radio agar terus berinovasi. Bahkan dapat dikatakan, media online merupakan bagian dari Radio. Jika dahulu hanya suara yang sampai ke benak pendengar, kini kami merambah secara visual, kami memastikan kehadiran Radio kini tidak hanya dinikmati dalam ruang auditori, tapi juga dapat divisualisasi. Walau Penyiar tidak dapat dijangkau dengan kehadiran secara fisik, tapi kami selalu memastikan kehadiran kami dapat dekat di dalam setiap hati para pendengar, khususnya masa-masa sulit yang dihadapi oleh bangsa Indonesia saat ini.

Oleh sebab itu, Radio tidak lagi berupaya untuk hidup, Radio adalah bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia itu sendiri, bagaimana sebuah kabar baik dapat tersampaikan kepada para Pendengar merupakan motivasi kami. Buah yang kami nikmati adalah pada saat Pendengar dapat berkata, "Terima kasih, Radio, karena informasi yang disampaikan, saya jadi mengerti apa yang terjadi saat ini." Begitu pula saat di perjalanan, Radio sebisa mungkin menyajikan beritanya secara up to date sampai kami mendengar dari para Pendengar, "Terima kasih, Radio, karena info yang up to date, saya tidak terjebak dalam kemacetan sehingga bisa tiba di kantor tepat waktu."

Itulah mengapa Insan Radio tiada pernah lelah menyajikan Informasi bagi para Pendengarnya, karena kami tahu, Informasi terbaik selalu dapat kami hadirkan lewat Radio.

Radio adalah Kehidupan… and this is Life on Radio.

 

oleh Melisa Septiani (Radio Sonora Copy Writer Specialist)

IG: @teresa.melysa

Disunting oleh: @vilinylesmana

Content Writer

AGATHA TRISTANTI

Corporate Branding Analyst

KOMPAS GRAMEDIA - CORPORATE COMMUNICATION