Info Unit

Info Unit News

FLASH NEWS

Sinergi KG Media dan Karyawan Cari Solusi Atasi Dampak Pandemi Covid-19

Ditulis oleh Hotria Mariana

Pandemi Covid-19 yang melanda hampir seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia, telah menimbulkan dampak bagi kehidupan manusia.   

Seperti diketahui, sejak ditemukannya virus korona di Tanah Air, pemerintah langsung mengambil sejumlah aturan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus yang menyerang sistem pernapasan tersebut. Sebut saja karantina mandiri, penutupan sejumlah sektor usaha dan fasilitas publik, pemberlakuan protokol kesehatan, hingga pembatasan sosial di beberapa wilayah zona merah di Indonesia. Dampaknya, perekonomian Tanah Air menjadi lesu. Interaksi sosial masyarakat pun cukup terganggu.

Melihat kondisi tersebut, masyarakat tak boleh tinggal diam. Meski di tengah keterbatasan ruang dan gerak karena harus #dirumahaja, perlu ada inovasi sebagai upaya agar KG Media dapat bertahan di tengah kondisi sulit seperti sekarang ini. Karena itu, pada Senin (20/4/2020), KG Media Ideation Management menggelar program pencarian ide dari karyawan KG Media yang dapat menjadi solusi atas dampak pandemi Covid-19.

digital poster pengumpulan ide

Poster Pengumpulan Ide KG Media 2020

Ide yang dicari tak terbatas pada ide terkait bisnis media. Panitia memberi kebebasan pada partisipan untuk menyalurkan apa pun ide yang mereka miliki.

Selama pelaksanaan, yaitu sampai Jumat (15/5/2020), tak sedikit ide-ide segar dari partisipan yang terkumpul. Hingga akhirnya, panitia KG Media Ideation Management memilih lima ide terbaik.

ery

1. Seniman Tetap Berkarya - Ery Sandra Amelia, KOMPAS TV

“Para seniman merupakan kelompok yang juga terdampak secara ekonomi karena pandemi Covid-19. Mereka tidak lagi mendapat job, tapi banyak juga yang belum mendapat bantuan karena dianggap mampu secara ekonomi. Saya mengusulkan untuk membantu mereka dengan cara memberi ruang untuk berkarya. Dalam hal ini berkarya dalam medium video lima menitan dan bisa bekerja sama dengan digital KompasTV. Konten-konten yang akan dibuat berupa cerita perorangan atau kelompok yang menginspirasi dan memberi semangat di masa sulit.”

Cara kerja ide: Kompas bekerja sama dengan kementerian untuk membuat web series yang akan tayang di Kompas digital. Para seniman menyedikan gambar, elaborasi ide, dan mencari narasumber. Mereka edit dan Kompas menyediakan medium penayangannya.

afrian

2. KG Media Brand Safety Tools, Penciptaan Revenue Stream Baru Berbasis Peningkatan Kapabilitas Fitur Targeting (Keyword Blocking) Digital Ads secara Real Time - Afrian Muflihul Imron, VCBL

Brand Safety merupakan hal penting bagi advertiser sekaligus brand untuk memastikan bahwa iklan mereka tayang pada environment yang tepat (konten yang tepat, artikel yang tepat dan di momen yang tepat). Dari survei Mobile Marketing Association (MMA) pada Q1 2019 terungkap bahwa sebanyak 24% company atau advertiser belum memiliki plan atau solusi untuk menghadapi challenge terkait brand safety. Hal ini merupakan suatu opportunity bagi KG Media

Cara kerja ide: Melakukan blacklist keyword pada page website atau digital asset KG Media sehingga iklan tidak akan tayang pada konten-konten yang dianggap ’unsafe’ dengan kategorisasi tersendiri, misalnya seperti kecelakaan, bencana, tindakan kriminal, hate speech, dan masih banyak lagi.

Brand Safety tools merupakan sebuah java script yang ditanam pada semua digital asset KG Media, sehingga dalam hitungan kurang dari tiga detik, tools ini akan membaca semua isi page dan memastikan konten di dalamnya sesuai dengan guideline Brand Safety sebuah brand atau advertiser. Hal ini bekerja secara real time dan kontinyu selama script dan parameter tersebut diaktifkan. Sifatnya yang bersifat non riil membuat tidak membutuhkan extra cost dalam pengaplikasiannya.

bastian

3. Berita Duka Online - Tan Bastian Artawijaya, Tribun Jateng

Berita dukacita masa kini terbatas oleh wilayah penyebaran surat kabar dan waktu tayang pun harus menunggu surat kabar itu terbit, kurang efektif dan kurang cepat.

Cara kerja ide: Dengan jalan membuat wadah online khusus berita dukacita dan informasi mengenai vendor proses pemakaman dan krematorium dari berbagai kota, berita duka akan lebih cepat diinformasikan ke masyarakat dengan jangkauan yang tidak terbatas.

Tentunya juga akan mendatangkan omzet iklan lebih banyak karena dilihat jangkauannya yang sangat luas dan menguntungkan berbagai vendor dalam segi promosi.

aiman

4. Portal Integral - Aiman Witjaksono, KOMPAS TV

Group of Media di Kompas Gramedia punya kekuatan besar, dari sisi informasi maupun iklan yang potensial untuk diolah kembali.

Cara kerja ide. Membuat satu portal yang mengolah kembali informasi HITS yang ada di Group of Media. Dari sini juga dibuka interaktif channel terhadap publik layaknya timeline Twitter yang menekankan pada teks dan juga visual atau gambar. Sumber informasi baru terpilih menjadi kekuatan, keramaian pengunjung jadi tujuan, dan iklan besar potensial untuk masuk.

kompas anak

5. Kompas Anak - Tiurma Clara Jessica, Redaksi Kompas.id

Menarik minat pembaca wanita di Kompas.id dengan mengembalikan Kompas Anak sehingga dapat memperluas cakupan pembaca Kompas.

Cara kerja ide Membuat konten di kompas.id yang bisa membuat orang tua dan anak menghabiskan waktu bersama dengan menyenangkan. Konten ini akan memiliki tema-tema yang berbeda setiap harinya.

Ke depan, KG Media Ideation Management akan kembali menggelar kegiatan serupa untuk merangsang kemampuan seluruh karyawan dalam hal ide, kreativitas, dan inovasi. 

 

Sampai jumpa lagi di acara KG Media Ideation berikutnya!!