Berdasarkan data Kominfo, Indonesia menduduki peringkat ke-6 pengguna Internet terbesar di dunia. Hingga saat ini, pengguna Internet di Indonesia pun cenderung meningkat secara signifikan setiap tahunnya. Artinya, pemasaran via Internet (alias digital marketing) memiliki peluang yang menjanjikan di Indonesia.
Jawaban Ekonomi di Masa Pandemi
Selama masa pandemi, masyarakat Indonesia dituntut untuk bergeser ke era 4.0—era ketika hampir semua kegiatan dilakukan dengan teknologi. Akibatnya, pemasaran daring pun mengalami perkembangan yang pesat. Hal ini juga diakui oleh pakar digital marketing sekaligus CEO Panenmaya, Pitutuh Tutuko, yang mengungkapkan bahwa pendapatan yang dihasilkan melalui bisnis daring miliknya justru berlipat ganda di tahun ini dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Tak dapat dimungkiri, perubahan gaya hidup masyarakat selama pandemi berkontribusi sangat besar.
Tertarik Memulai Karier di Bidang Digital Marketing?
Jika kamu tertarik, Kogi akan memberikan beberapa tip yang bisa membantumu dalam pengembangan karier, yaitu:
1. Asah kemampuan analisis dan olah data yang baik
2. Perluas berjejaring
3. Tingkatkan kreativitas dalam berpikir
4. Ikuti tren terbaru (Up-to-Date)
5. Ciptakan citra diri atau persona di ranah digital
6. Miliki sertifikasi dari lembaga yang kredibel
Ingin mempelajari tip dan trik berkarier sebagai Digital Marketer lebih lanjut?
Yuk, cari tahu informasinya lewat video pembelajaran Kognisi berikut ini: