Insight Kognisi

>

Soft Competency

Soft Competency

Mengenal Konsep Democratized Learning: Sekarang, Semua Bisa Berbagi Pengetahuan

MUHAMMAD IRHAM RAMADHAN

HR Expertise Analyst - Dipublikasikan

“Bosen dengan program pembelajaran yang gitu-gitu aja? Atau, kamu udah mulai jenuh jadi ‘murid’ terus? Inilah saatnya kamu berpartisipasi aktif berbagi pengetahuan dalam konsep pembelajaran baru di Kognisi!”

Memangnya ‘Sharing Knowledge’ itu penting, ya? Yup, penting banget!

Berdasarkan penelitian psikologi, sharing knowledge bikin kamu makin bertumbuh secara berkelanjutan (continuous development), membantumu terus termotivasi, mendapatkan saran yang membangun dari para ahli, memiliki pemikiran inovatif, dikenal orang lain, dan menciptakan lingkungan kerja yang kolaboratif.

Nah, sharing knowledge ini sejalan dengan konsep pembelajaran Democratized Learning!

Buat kamu yang baru dengar democratized learning, Kogi jelasin dulu, ya~

Apa sih Democratized Learning?

Democratized learning atau pembelajaran terdemokrasi adalah konsep pembelajaran yang dilandasi oleh nilai-nilai demokrasi, yaitu menjunjung keadilan, menghargai kemampuan tiap learner, menerapkan kesempatan pembelajaran yang rata, sekaligus memahami keberagaman kemampuan serta minat learner.

Sistem Belajar yang Beda

Berbeda dari sistem pembelajaran yang umum digunakan saat ini (authoritative learning), democratized learning menawarkan hal-hal baru buat kamu (learner) yang belum pernah ada di konsep pembelajaran lainnya, yaitu:

  1. Semua Bisa Berbagi Ilmu. Sistem pembelajaran authoritative learning berpusat pada 1 guru, sedangkan democratized learning akan memungkinkan semua pembelajar untuk menjadi guru satu sama lain.

2. Kamu bisa punya kesempatan untuk ikut bermanfaat bagi orang lain lewat pengembangan pengetahuan, sikap, dan keterampilan.

3. Dengan menjadi pengajar, kamu bisa meningkatkan nilai portofolio sekaligus pengalaman mengajar.

4. Sekaligus, mengembangkan dan melatih berbagai sikap, nilai, dan keterampilan-keterampilan sosial dalam kehidupan di masyarakat.

Modal Jadi Pemimpin

Democratized learning membantumu meningkatkan pengetahuan dalam hal yang dipelajari, kreativitas, sekaligus motivasi belajar. Selain itu, penelitian tentang kemampuan kognitif juga menjelaskan bahwa konsep ini bisa melahirkan pemimpin masa depan yang lebih demokratis.

Tertarik Berpartisipasi di Democratized Learning?

Caranya gampang banget! Kamu bisa mulai cari ilmu sebanyak-banyaknya pada topik yang kamu minati dan bagikan ilmu pengetahuanmu lewat Kognisi! Dengan penerapan konsep democratized learning, Kognisi bisa mewadahi keinginanmu buat sharing knowledge, loh!

Nah, sebentar lagi, Kognisi bakal punya kejutan buat kamu yang siap berbagi ilmu di revolusi belajar baru, Democratized Learning, nih! Apa itu? Tunggu tanggal mainnya, ya~