Sering Gagal Menyampaikan Ide? Ini 4 Hal yang Harus Kamu Kuasai!

Published by CorComm

Dalam dunia kerja, komunikasi merupakan salah satu hal paling penting untuk dikuasai, khususnya dalam menyampaikan ide.

Mengapa penting?

Untuk meningkatkan karier dalam perusahaan, kemampuan menyampaikan ide menjadi salah satu indikator penilaian kerja karyawan yang diperhitungkan.

Masalahnya, ide yang bagus saja tidak cukup, cara penyampaian juga perlu diperhatikan supaya orang awam mengerti. Dalam hal ini, ide yang paling inovatif sekalipun bisa kalah dengan ide lain karena beda cara penyampaian.

Berikut ini adalah 4 tip yang bisa kamu coba untuk meningkatkan kemampuan komunikasimu di dunia kerja:

Hindari Kosakata Sulit

Pilihan kata yang sulit dipahami justru berisiko bikin salah paham dan perbedaan persepsi antara kamu dengan si penerima pesan. Daripada menggunakan kata ‘domisili’, bakal lebih baik kamu pakai kata ‘tempat tinggal’.


Jadi Pendengar Aktif

Pernah dengar kalau pendengar yang aktif adalah komunikator yang andal? Dengan mendengarkan orang lain, kamu bakal tahu hal apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh orang lain untuk diberi tanggapan. 


Sampaikan Pesan Secara Ringkas

Kalau penyampaianmu bertele-tele, si penerima pesan akan jenuh dan semakin tidak fokus. Jadi, usahakan untuk selalu to the point dalam berkomunikasi, ya!

 

Perhatikan Cara Penyampaian

Dalam berkomunikasi, kamu harus selalu menjaga kesopanan dan menghargai orang lain tanpa memandang latar belakangnya. Kamu mesti paham bahwa tidak semua orang harus setuju dengan pendapat kita.


Kalau sudah paham cara berkomunikasi yang baik, hal lain yang tak kalah penting buat kamu pelajari adalah cara tepat untuk ‘menjual’ idemu kepada orang lain, baik secara lisan maupun tulisan! 


Yuk, cari tahu informasinya lewat video pembelajaran Kognisi berikut ini:

3 01

Lewat video pembelajaran ini, kamu bakal mempelajari cara menyampaikan ide secara jelas, efektif, dan persuasif. Materi ini akan berguna bagi kamu yang punya ide segudang tapi bingung cara menyampaikannya pada orang lain.

slide 1

Selain lisan, kamu juga harus tahu bagaimana cara menyampaikan ide secara tulisan. Belakangan ini, copywriting jadi tren dan salah satu skill wajib untuk dimiliki hampir semua kalangan.

Lewat materi ini, kamu akan belajar cara menyampaikan ide melalui tulisan secara persuasif.

Yakin kamu nggak penasaran?

Semua video pembelajaran ini bisa kamu akses secara gratis di Kognisi (www.learning.kompasgramedia.com), ya, Sobat Kogi!

Content Writer

SULYANA ANDIKKO

HR Expertise Specialist

KOMPAS GRAMEDIA - CORPORATE HUMAN RESOURCES