WFH Bikin Mata Kamu Cepat Lelah? Simak Kiat untuk Menjaga Kesehatan Mata!

Published by CorComm

Kebijakan Work from Home (WFH) masih diterapkan oleh sebagian besar institusi dan perusahaan untuk menekan penyebaran Covid-19. Tidak hanya bekerja dari rumah, kegiatan hiburan atau bersosialisasi juga dilakukan melalui layar komputer atau layar ponsel. Banyak dari kita menatap gawai dengan durasi lebih lama dari biasanya. Bila terjadi terus-menerus, kondisi ini akan memicu masalah kesehatan pada mata seperti mata yang cepat merasa lelah. 

Seseorang yang terlalu banyak menatap layar rentan terkena Computer Vision Syndrome (CVS). CVS adalah sekumpulan masalah mata dan penglihatan yang diakibatkan oleh penggunaan alat elektronik, seperti komputer atau ponsel, secara berlebihan atau dalam waktu panjang. Beberapa gejala CVS di antaranya adalah penglihatan kabur, mata lelah, mata kering, nyeri pada leher atau pundak, hingga sakit kepala.

Apabila tidak segera diatasi, gejala-gejala tersebut dapat memperburuk kesehatan mata sehingga berpengaruh terhadap kinerja kita. Berikut beberapa tip yang dapat dilakukan untuk melindungi kesehatan mata selama WFH: 

  • Bekerja dengan posisi laptop/komputer dan postur tubuh yang baik
  • Mengatur kecerahan layar dan jarak pandang kurang lebih 50-100 cm
  • Menerapkan metode 20-20-20 

→ Setiap 20 menit menatap layar, lihat objek yang berjarak 20 kaki selama 20 detik

  • Rutin mengedipkan mata untuk menghindari mata kering 
  • Mengonsumsi makanan bergizi dan suplemen kesehatan mata 

 

Pada umumnya, gangguan kesehatan pada mata tidak akan berlangsung dalam waktu lama dan dapat segera berkurang apabila mengistirahatkan mata atau berhenti menggunakan perangkat elektronik. Namun, jika gejala terjadi terus-menerus, maka seseorang harus mengonsultasikan keadaannya kepada dokter agar tahu apa yang harus segera dilakukan.

Karyawan Kompas Gramedia yang mengalami gangguan kesehatan masih bisa melakukan konsultasi dengan dokter umum maupun dokter spesialis secara online melalui aplikasi Lifepack! Tidak hanya konsultasi dengan dokter, karyawan Kompas Gramedia di seluruh Indonesia juga dapat langsung menebus obat dan dikirim ke lokasi yang diinginkan tanpa memikirkan ongkos kirim hingga akhir tahun 2020. Selain itu, karyawan Kompas Gramedia yang memiliki pagu kesehatan juga akan mendapatkan penggantian langsung 100% (selama periode tertentu) sehingga memudahkan karyawan saat bertransaksi setelah berkonsultasi dengan dokter spesialis atau menebus obat di Lifepack. 

Bagi karyawan Kompas Gramedia yang masih memiliki pertanyaan mengenai kerja sama antara Lifepack dengan Kompas Gramedia, sila langsung menghubungi CS Lifepack di 0813-8833-2939 ya! Apabila kamu ingin tahu info lengkap mengenai manfaat integrasi antara Lifepack dengan MyKG, kamu bisa langsung baca info lengkapnya di sini. Jadi, tunggu apa lagi? Segera lakukan registrasi Lifepack melalui tautan https://mykg.id/medical-center/lifepack-registration dan manfaatkan keuntungan dari Lifepack untuk karyawan Kompas Gramedia sekarang juga!

Content Writer

FEBE KINAWA PANGGUA

HR Expertise Analyst

KOMPAS GRAMEDIA - CORPORATE HUMAN RESOURCES