Di Kompas Gramedia, Kesejahteraan Hidup Adalah Hak Semua Karyawan

Created By

Hai, Warga KG! Apakah kalian familier dengan istilah wellbeing? Menurut Oxford English Dictionary, wellbeing berarti "The state of being comfortable, healthy, or happy". Secara sederhana, wellbeing juga bisa disebut sebagai kesejahteraan. Kesejahteraan ini dapat dilihat sebagai sebuah kondisi saat kita mempunyai sikap yang positif baik terhadap diri sendiri maupun orang lain, melalui apa yang kita lakukan dan maknai sehari-hari. Selain itu, seseorang yang dapat membuat keputusan sendiri, mengatur tingkah lakunya, menciptakan dan mengatur lingkungan yang kompatibel dengan kebutuhannya, memiliki tujuan hidup, serta berusaha mengeksplorasi dan mengembangkan dirinya dapat dinilai memiliki kesejahteraan hidup yang baik.  

Terdapat banyak aspek dalam wellbeing, terlebih karena banyaknya penelitian mengenai hal ini dan memiliki gambaran yang berbeda-beda dalam menentukan aspek atau elemen wellbeing. Sebagai contoh, buku Wellbeing: The Five Essential Elements yang ditulis oleh Tom Rath dan Jin Harter memaparkan hasil penelitian Gallup menyatakan bahwa terdapat 5 elemen penting dalam wellbeing seseorang. Lima (5) elemen tersebut adalah Purpose, Physical, Financial, Social, dan Community. 

  • Purpose = Seseorang yang mengetahui apa tujuan hidupnya cenderung akan mengetahui pekerjaan yang paling cocok dengan dirinya, sehingga ia dapat memaknai kegiatan sehari-harinya.
  • Physical = Seseorang yang mempunyai kesehatan prima akan memiliki energi yang baik dan positif untuk menjalankan setiap kegiatannya.
  • Social = Seseorang yang mempunyai hubungan sosial yang kuat, suportif, dan bermakna akan tahu bahwa dirinya mempunyai support system dalam hidupnya. 
  • Financial = Seseorang dapat mengerti cara terbaik untuk mengelola kondisi finansialnya sehingga mempunyai bekal finansial stabil di masa depan.
  • Community = Seseorang dapat merasa aman, menyukai, dan berkontribusi dengan lingkungan sekitar. Melalui komunitas, seseorang dapat berdampak bersama dengan lebih positif.

 

Selain 5 elemen yang dipaparkan oleh Gallup, terdapat pula satu elemen dari wellbeing yang tidak kalah pentingnya, yaitu psychological wellbeing. Psychological wellbeing yang baik dapat dilihat dari kepuasan hidup secara mental dan adanya perasaan bahagia. Di tengah situasi pandemi ini, menjaga kondisi mental tetap sehat tentu menjadi tantangan tersendiri karena situasi yang serba tidak pasti.

Untuk mendukung kesejahteraan hidup karyawan, Kompas Gramedia menyediakan beberapa fasilitas yang dapat dimanfaatkan Karyawan KG untuk menjaga kesehatan fisik, mental, serta membantu memberi saran pengelolaan finansial secara sehat. Dengan disediakannya fasilitas-fasilitas ini, Karyawan KG diharapkan dapat merasa terbantu dan lebih memperhatikan kesejahteraan hidupnya, terutama di tengah kondisi yang tidak stabil akibat pandemi.

Fasilitas kesehatan adalah salah satu prioritas utama pada masa "New Normal" sekarang ini. Kompas Gramedia menyadari pentingnya kesehatan para karyawan terutama di masa pandemi yang membatasi akses karyawan ke fasilitas kesehatan terdekat. Kompas Gramedia telah bekerja sama dengan Lifepack untuk menyediakan akses layanan konsultasi kesehatan yang mudah dijangkau, kredibel, cepat, dan aman. Jika kamu ingin tahu info lengkap mengenai manfaat integrasi antara Lifepack dengan MyKG, kamu bisa langsung baca info lengkapnya di sini ya! 

Tidak hanya kesehatan fisik saja, kesehatan mental juga harus diperhatikan oleh setiap orang. Wajar saja jika seseorang merasa cemas, khawatir, bahkan takut menghadapi hari esok dan butuh bantuan untuk memastikan hidupnya tetap berjalan optimal. Kompas Gramedia menyediakan fasilitas Pojok Konseling untuk membantu setiap karyawan menemukan kembali kendali diri agar lebih siap beradaptasi dan berdamai dengan kondisi sekarang sekaligus kondisi tidak menentu di masa depan. Bagi kamu yang membutuhkan fasilitas Pojok Konseling ini, dapat langsung baca info selengkapnya di sini ya! 

Kompas Gramedia juga menyediakan fasilitas konsultasi finansial secara daring dan gratis bagi para karyawan. Karyawan yang merasa kesulitan mengelola keuangannya karena berbagai alasan dapat segera menggunakan fasilitas ini. Melalui Pojok Finansial Online ini, karyawan dapat berdiskusi terkait perencanaan keuangan, pengelolaan anggaran termasuk pengelolaan biaya hidup sehari-hari, serta pengelolaan utang dan investasi. Bagi kamu yang merasa membutuhkan fasilitas Pojok Konseling ini, dapat langsung baca info selengkapnya di sini ya!  Tunggu apa lagi? Yuk, segera manfaatkan berbagai fasilitas yang telah disediakan Kompas Gramedia untuk menjaga kesejahteraan hidup para karyawannya sekarang juga!  

Content Writer

FEBE KINAWA PANGGUA

HR Expertise Analyst

KOMPAS GRAMEDIA - CORPORATE HUMAN RESOURCES