Kini Bisa Rapid Test Antigen dan PCR Test di KG Palmerah

AGATHA TRISTANTI

Kompas Gramedia menyediakan fasilitas Health Corner untuk Karyawan KG, bekerja sama dengan FarmaLab. Health Corner KG melayani tes deteksi Covid-19, yaitu Rapid Test Antigen, PCR Test, dan ID Now. Fasilitas ini diperuntukan bagi karyawan, keluarga karyawan, purnakarya, serta pihak-pihak yang berinteraksi dengan karyawan atau yang beraktivitas secara rutin di lingkungan kantor/perusahaan seperti: tamu, narasumber, tenaga outsourcing.

Health Corner KG mulai beroperasi pada Kamis, 14 Januari 2021 berlokasi di samping Gedung Unit 3 belakang kantor BM Palsel/Posko Security, berdekatan dengan Medical Center KG untuk memudahkan koordinasi jika perlu penanganan lanjutan. Jam operasional Health Corner KG setiap Senin–Jumat, pukul 08.00–16.00 WIB. Untuk menjaga keamanan dan kesehatan bersama, Health Corner KG akan didisinfeksi setiap hari setelah jam operasional berakhir, dan sewaktu-waktu jika ada hasil yang positif.

whatsapp image 2021 01 15 at 09 38 53 6

Selain tentunya melayani kebutuhan tes untuk syarat tugas (liputan, event, dinas lainnya) atau tracing kasus terkonfirmasi Covid-19, Health Corner juga melayani karyawan yang menghendaki tes untuk kepentingan pribadi. Untuk keperluan kantor, HR Unit akan melakukan registrasi secara daring melalui website (www.farmalab.co.id) atau aplikasi FarmaLab bagi karyawan yang perlu dites. Selanjutnya, karyawan yang bersangkutan akan mendapat QR Code untuk ditunjukkan kepada petugas di Health Corner sebagai bukti registrasi. Setelah menjalani tes, hasil tes akan langsung dikirim via surel kepada HR Unit yang meregistrasi. Jika diperlukan home service atau tes di gerai FarmaLab lain selain Health Corner KG, maka HR Unit akan melakukan registrasi pada H-1 tes dan membuatkan surat pengantar.

Bagi karyawan yang ingin melakukan tes untuk kepentingan pribadi, maka karyawan melakukan registrasi online secara mandiri di website atau aplikasi FarmaLab dan melakukan pembayaran sendiri. Setelah itu, karyawan akan mendapatkan QR Code sebagai bukti registrasi untuk ditunjukkan kepada petugas di Health Corner. Pada jadwal yang telah ditentukan, karyawan menjalani tes dan hasilnya akan dikirim ke surel karyawan yang digunakan untuk melakukan registrasi.

Bagi tamu (narasumber, auditor, konsultan), pendaftaran melalui HR Unit dengan surat pengantar dari HR BU/FU. Sementara itu, untuk outsourcing, pekerja vendor (Bakmi Jawa, Coffeedential, Kantin) pendaftaran dan pembayaran dilakukan onsite dengan menunjukkan ID Pekerja dan surat pengantar dari HR BU/FU. Bagi Purnakarya, pendaftaran dan pembayaran dilakukan onsite dengan menunjukkan nomor ID Pensiun. Sama halnya dengan keluarga karyawan yang menghendaki tes atas inisiatif pribadi, pendaftaran dilakukan secara mandiri melalui website atau aplikasi FarmaLab dan saat tes harus didampingi karyawan dengan membawa ID Card. Pembayaran dilakukan secara nontunai menggunakan kartu atau transfer bank. Pembayaran tunai tidak disarankan karena uang adalah media penularan kuman penyebab penyakit.

whatsapp image 2021 01 15 at 09 38 53 7

Biaya tes terbilang murah, dengan rincian sebagai berikut:

  1. Rapid Test Antigen Rp250.000,00; hasil keluar 15–20 menit setelah tes.
  2. PCR Test Rp650.000,00; hasil keluar 24 jam setelah sampel diterima oleh lab.
  3. ID Now Rp888.000,00; hasil keluar 15–20 menit setelah tes.

Sebagai catatan, ketiga tes tersebut menggunakan metode swab (usap), yaitu mengambil sampel lendir dari hidung atau tenggorokan. Lalu apa beda di antara ketiganya?

Rapid Test Antigen mendeteksi jejak protein yang hidup di permukaan virus Sars-Cov-2 di dalam tubuh seseorang, sedangkan ID Now akronim dari Identify Now, piranti uji cepat Covid-19 keluaran Abbot yang menggunakan teknologi tes molekuler isotermal. Sediaan Rapid Test Antigen Health Corner KG menggunakan merk Abbott dan BioSensor sesuai standar WHO. Sementara itu, PCR Test mendeteksi materi genetik (DNA dan RNA) dari virus Sars-Cov-2 penyebab Covid-19. Kenapa ID Now lebih mahal daripada PCR Test? Alasannya, tingkat akurasi hasil ID Now hampir setara PCR Test tetapi hasilnya bisa keluar lebih cepat.

Meski demikian, Rapid Test Antigen dan ID Now hanya digunakan untuk deteksi dini Covid-19. Jika hasil tes menyatakan positif, maka individu tersebut baru dinyatakan sebagai suspect Covid-19. Perlu dilakukan tes lanjutan, yaitu PCR Test. Jika hasil PCR Test positif, maka invidu tersebut dinyatakan terkonfirmasi Covid-19.

Jika ada informasi lain yang diperlukan terkait pelaksanaan tes deteksi Covid-19 di Health Corner KG, bisa disampaikan melalui HR Unit masing-masing. (*)

whatsapp image 2021 01 14 at 22 18 46

Content Writer

AGATHA TRISTANTI

Corporate Branding Analyst

KOMPAS GRAMEDIA - CORPORATE COMMUNICATION