Demi menunjang keberhasilan tersebut, SDM perlu memahami apa yang dirasakan, dialami, dan dibutuhkan karyawan dalam melewati masa sulit ini. SDM perlu menyediakan rasa aman dan nyaman bagi tiap karyawan, mengingat pentingnya peranan mereka dalam perusahaan. Salah satunya dengan penerapan SDM yang omnipresence, dalam artian SDM memastikan mereka selalu ada dan hadir di momen penting karyawan. Selain itu, penerapan prinsip pengalaman yang high-tech dan high-touch bagi karyawan juga tak kalah penting.
Contoh omnipresence yang dilakukan tim SDM Tokopedia adalah dengan membuat virtual GP counseling ecosystem, yakni fasilitas konsultasi kesehatan gratis bagi karyawan sehingga mereka tidak perlu mengambil risiko besar dengan pergi ke rumah sakit. Dampaknya hingga saat ini tidak ada satu pun karyawan Tokopedia yang berpotensi mengidap Covid-19. Tokopedia juga memperhatikan kesehatan mental karyawannya dengan menanyakan kabar mereka secara berkala dan menyediakan layanan konseling gratis bagi karyawan yang membutuhkan. Intinya, cara kerja SDM tentu akan berbeda dari sebelum masa pandemi. Inilah saat yang penting bagi perusahaan untuk belajar menjadi lebih manusiawi. Pengalaman karyawan adalah kunci utama karena pada akhirnya mereka akan selalu mengingat sejauh mana perusahaan menunjukkan kepeduliannya akan kesejahteraan karyawan, terlebih di masa sulit seperti ini.
Kognisi adalah platform berbasis edukasi khusus untuk karyawan Kompas Gramedia dengan berbagai pilihan materi dan kelas. Informasi lebih lanjut mengenai Kognisi dan webinar (dapat diakses publik) selanjutnya bisa langsung mengunjungi akun Instagram @kognisikg dan situs learning.kompasgramedia.com (khusus karyawan Kompas Gramedia). Selamat memburu ilmu, Kogifriends! Stay safe and stay sane!
Penulis: Brigitta Valencia Bellion
Penyunting: Sulyana Andikko